by

Yeny Kurnia Prihandini – Gunakan Bahasa Jawa, Satu Keharusan

-Bisnis, Update, Wanita-dibaca 10.06Rb kali | Dibagikan 42 Kali

Ketika kita mendengarkan percakapan anak-anak di Purbalingga, apakah akan terdengar mereka berbicara dengan bahasa Jawa? Jawabannya ada yang ya, dan mungkin lebih banyak yang tidak.

Namun, kita akan menemukan jawaban Ya, ketika kita mengunjungi keluarga Yeny Kurnia Prihandini warga RT 04 RW 09 Kelurahan Purbalingga Wetan. Komunikasi setiap hari yang digunakan dalam keluarga kecil ini selalu menggunakan Bahasa Jawa. Baik komunikasi antara Yeny sapaan Yeny Kurnia Prihandini dengan sang suami, maupun dengan anaknya.

“Dalam keluarga Saya, biasa saja kok, nggak ada yang luar biasa. Baik saya dengan dengan suami, begitu pula suami kepada saya. Saya dan suami kepada anak serta sebaliknya, selalu menghadirkan seluruh ragam tutur bahasa Jawa ngoko, madya, krama dalam percakapan sehari-hari baik dalam situasi formal maupun informal,”ungkap istri Teguh Pratomo, ASN di Bakeuda Purbalingga.

Yeny mengakui, bahasa Jawa merupakan satu warisan yang sangat berharga, kekayaan yang tidak ternilai harganya. Fungsi etika penghormatan dan penghargaan juga dapat ditemukan dalam bahasa Jawa. Oleh karena itu, sudah sepatutnya kita menunjukkan kekayaan bahasa Jawa masing-masing dengan rasa bangga.

“Dulu saat belum menikah, Saya selalu menggunakan bahasa Jawa kepada calon suami yang sekarang jadi suami. Awalnya, banyak orang menilai lucu mendengar kami berdua berkomunikasi,”kenang Ibu muda yang berprofesi sebagai Apoteker ini.

Sebenarnya, lanjut Ibu dari Nan Binar Swasti, tidak ada yang lucu. Dengan menggunakan bahasa Jawa dalam komunikasi sehari-hari banyak manfaat yang dipetik, diantaranya etika penghormatan dan penghargaan kepada orang lain.

“Agar tidak punah? Gimana ya? mungkin cara yang paling efektif untuk melestarikan bahasa jawa adalah dengan menggunakan bahasa jawa tersebut dalam keseharian, terutama bagi anak-anak kita. Bagi kami berbahasa Jawa menjadi satu keharusan,”ungkapnya.

Comment

Berita Lainnya