Menu
Media Online Terpercaya

Wow Unik. Ada Masjid Berbentuk Ka’bah di Kedungdawa Kelurahan Bojong. Bisa untuk Latihan Manasik Haji

  • Share
Masjid Ka'bah
Masjid An Nur di wilayah Dusun Kedungdawa RT 05 RW 02 Kelurahan Bojong, Kecamatan Purbalingga mempunyai arsitektur menyerupai Ka’bah, kiblat umat Islam sedunia. Foto: Mahendra Yudhi Krisnha_lintas24.com

Masjid yang berdiri megah di wilayah Dusun Kedungdawa RT 05 RW 02 Kelurahan Bojong, Kecamatan Purbalingga sangat menarik perhatian. Sebab, bentuk bangunan rumah ibadah tersebut tidak seperti umumnya masjid di Purbalingga.

Baca Juga: Prokes Ketat. Masjid Agung Darussalam Purbalingga Gelar Shalat Idul Fitri

Masjid ini hanya berbentuk kotak, tidak ada kubah serta menara dan berwarna seperti pada umumnya. Berukuran luas 8 x 12 meter persegi, Masjid ini mempunyai arsitektur menyerupai Ka’bah, kiblat umat Islam sedunia.


Bagian dalam masjid yang rencananya akan diberi nama Masjid An’Nur ini berukuran 6×9 meter persegi dilengkapi sarana dan prasarana, semisal terdapat pengeras suara di dalam dan di luar masjid, tempat wudhu dan toilet. Kapasitasnya dapat menampung tak kurang dari 60 orang jamaah.

Baca Juga: Kementerian Agama Berharap Solidaritas Masyarakat Bantu Masjid Sediakan Hand Sanitizer

“Pembangunan masjid ini sudah tuntas seluruhnya. Tinggal menyelesaikan jalur setapak paving selebar satu meter yang mengelilingi Masjid. Rencananya akan digunakan untuk latihan manasik haji,” ungkap Maryoto, RT 05 RW 02 kepada siber media lintas24.com, Sabtu (24 Juli 2021)

Baca Juga: Objek Wisata Purbasari Purbalingga Akan Bangun Masjid Apung

Ia menjelaskan, proses itu pembangunan masjid ini berawal tidak adanya masjid di wilayah RTnya. Saat dulu memang ada satu Masjid. Namun, setelah wilayah RT dimekarkan jadi tidak memiliki Masjid.

“Setelah wilayah RT dimekarkan, maka wilayah kami tidak memiliki Masjid. Namun, Alhamdulilah ada warga yang menwaqafkan tanah untuk pendirian Masjid,” katanya

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *