Menu
Media Online Terpercaya

Wow Keren, Ternyata di “Bumi Perwira” Purbalingga, Banyak Tersimpan Situs Perbengkelan Purba

  • Share
Historia Perwira
Founder Historia Perwira, Gunanto Eko Saputro saat Diskusi Historia Perwira #1 : Ragam Sejarah di Purbalingga yang dilaksanakan di Kedai Pojok, Minggu 13 Maret 2022.

Ternyata di “Bumi Perwira” Purbalingga masih tersimpan situs perbengkelan purba, yakni Situs Tipar yang berada di Desa Ponjen Kecamatan Karanganyar.

Situs itu pernah diteliti Prof Harry Truman Simanjuntak ‘Bapak Arkeologi Indonesia’ pada tahun 1983 dan masuk dalam Atlas Pra Sejarah Nasional sejajar dengan situs purbakala lainnya seperti Sangiran dan Trinil.

Ada pula menhir di Desa Dagan Kecamatan Bobotsari, punden berundak di Situs Bandingan, Karangjambu juga temuan fosil geraham Stegodon (gajah purba) di Desa Onje Kecamatan Mrebet,

Kemudian, pada era Hindu-Budha kita juga memiliki Prasasti Batu Tulis Cipaku dan Prasasti Bukateja.

“Ini artefak menarik, misal Prasasti Bukateja terbuat dari lempengan emas. Sayangnya saat ini tersimpan di Leiden, Belanda,” kata kata founder Historia Perwira, Gunanto Eko Saputro saat Diskusi Historia Perwira #1 : Ragam Sejarah di Purbalingga yang dilaksanakan di Kedai Pojok, Minggu 13 Maret 2022.

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.