WNA Bangladesh Masuk DPT, Bawaslu Purbalingga Rekomendasi Dicoret

By: On: Dibaca: 7,735x
WNA Bangladesh Masuk DPT, Bawaslu Purbalingga Rekomendasi Dicoret


Mo Ferdous Shah warga negara asing (WNA) Bangladesh masuk dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pemilu 2019. Dalam KTP El tertulis Mo Ferdous Shah tinggal di RT 1 RW 6 Desa Kembangan, Kecamatan Bukateja Purbalingga. Mo tercatat dalam DPT di TPS 15 Desa Kembangan.

Mendasarkan temuan tersebut, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Purbalingga langsung merekomendasikan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Purbalingga mencoret nama Mo Ferdous Shah.

Komisioner Bawaslu Kabupaten Purbalingga Divisi Pengawasan, Hubungan Masyarakat dan Hubungan Antarlembaga, Misrad, Jumat siang (8/3) menuturkan, Bawaslu RI mengirim data dari terkait sejumlah nama WNA yang terindikasi masuk DPT.

Kemudian Bawaslu Surakarta juga menginformasikan adanya seorang WNA yang memiliki Nomor Induk Kependudukan (NIK) KTP Elektronik wilayah Kabupaten Surakarta yang pindah domisili ke Kabupaten Purbalingga.

“Sesuai pasal 198 Undang-undang (UU) Nomor 7 Tahun 2017 Tentang Pemilu menegaskan hanya WNI  yang berhak memilih, walaupun yang bersangkutan sudah memiliki E-KTP Purbalingga. Karenanya, Bawaslu segera merekomendasikan KPU agar mencoret WNA tersebut dari DPT,” ujarnya.

Bawaslu Purbalingga juga mendapat informasi adanya dua WNA lain yang terindikasi masuk DPT. Masing-masing di Kecamatan Bobotsari dan Kalimanah. Setelah diklarifikasi, ternyata keduanya tidak masuk DPT.

Di Kecamatan Bobotsari, terdapat seorang warganegara Amerika, yang sudah meninggal dan dimakamkan di sana. Sedangkan di Kecamatan Kalimanah, terdapat seorang warganegara Korea Selatan yang sudah dipastikan tidak masuk DPT.

No Responses

Leave a Reply

error: Content is protected !!