Wiwi Safitri Pesilat SMP 2 Karangmoncol Raih Emas Popda

By: On: Dibaca: 6,432x
Wiwi Safitri Pesilat SMP 2 Karangmoncol Raih Emas Popda

PURBALINGGA – Prestasi manis ditorehkan pesilat asal SMP 2 Karangmoncol, Kabupaten Purbalingga, Wiwi Safitri (14). Dia meraih medali emasdi kategori H Putri dalam Pekan Olahraga Daerah (Popda) Provinsi Jateng Tingkat SMP yang digelar di Semarang, 9-12 April lalu.

Menurutnya, Kamis (19/4), prestasi tersebut di luar dugaannya. Sebab, partai penyisihan, dia harus menghadapi lawan-lawan yang memiliki teknik lebih bagus. Bahkan saat di semifinal, dia hanya bisa menang tipis dengan lawannya. Di partai final, dia menghadapi pesilat asal Kabupaten Kendal yang lebih diunggulkan.

“Lihat lawan di final, saya sudah khawatir, sebab dia memiliki postur tubuh yang lebih besar dan tinggi. Saya hanya berfikir bagaimana bertanding bisa sampai selesai. Di luar dugaan, saya bisa menang telak dengan waktu yang cukup singkat,” katanya.

Guru olahraga sekaligus pelatih silat SMP 2 Karangmoncol, Nugroho Pujiyanto mengatakan, dalam Popda di tingkat Kabupaten, sekolahnya mengirimkan beberapa pesilat, namun hanya Wiwi yang menjadi juara I. Dia mempertahankan prestasi tahun lalu. Wiwi kemudian mengikuti Popda tingkat eks-Karesidenan dan berhasil menjadi juara I maju ke tingkat provinsi.

“Tahun lalu, dia di tingkat kabupaten juga juara I, tapi Popda Provinsi kan tidak ada. Sekarang juara lagi dan hingga meraih emas di tingkat provinsi,” katanya. Wiwi berlatih di Persaudaraan Setia Hati Terate (PSHT) sekolah setempat di bawah gemblengan Nugroho.

Wakil Kepala SMP 2 Karangmoncol, Aris Wibowo mengatakan, selain Wiwi, sebelumnya siswanya, Dwi Santoso juga berhasil meraih emas di Popda Provinsi. Selain silat, prestasi lain yang diraih yaitu juara II Kejuaraan Petanque Piala Bupati Purbalingga 2017 dan juara II Lomba Karawitan Piala Bupati Purbalingga 2017.

Kepala SMP 2 Karangmoncol, Wasis Andri Wibowo bersyukur siswanya dapat meraih prestasi tersebut yang notabene berasal dari sekolah pinggir. Dia meminta agar prestasi itu bisa dipertahankan dengan cara kerja keras semua pihak dari segi regenerasi. Prestasi Wiwi juga menjadi motivasi bagi siswa lain untuk meraih prestasi serupa maupun di bidang yang lain.

No Responses

Leave a Reply

error: Content is protected !!