Wisata Memori Perbengkelan Purbakala di Kaki Bukit Plana Purbalingga

By: On: Dibaca: 7,491x
Wisata Memori Perbengkelan Purbakala di Kaki Bukit Plana Purbalingga
Djunaedi Abdilah (55) memandu penulis mengunjungi lokasi bekas ekskavasi yang juga titik perbengkelan batu

Jawa Tengah, tidak hanya memiliki Sangiran (Sragen) atau Pati Ayam (Kudus) yang kaya akan peninggalan Purbakala. Kabupaten Purbalingga juga memiliki peninggalan purbakala, bahkan keunikan dalam karakter khususnya di kaki bukit Plana tepatnya di Desa Limbasari.

Bermula dari banyaknya penemuan sampah-sampah batu (tatal) yang tidak biasa di sejumlah titik di kedalaman tertentu. Tahun 1983 Balai Arkeologi Yogyakarta sempat tergugah untuk meneliti lebih dalam.

Masih teringat jelas oleh salah satu perangkat Desa Limbasari Djunaedi Abdilah (55) ketika rombongan peneliti yang dipimpin arkeolog senior Prof. Harry Truman Simanjuntak 35 tahun silam datang. Mereka membuat empat titik ekskavasi (Test Pit) untuk empat lokasi di desa ini.

“Tanah yang digali itu di Dusun Limbasari, Dusun Trondol Kidul dan dua titik di Dusun Karangjoho. Para peneliti itu selama setahun tinggal di rumah saya,” ungkapnya kepada cyber media lintas24.com.

Berbagai macam benda akhirnya ditemukan artefak, diantaranya fragmen gelang batu, termasuk batu calon gelang hingga sisa bahan gelang. Selain itu juga beliung persegi, calon batu beliung juga fragmen beliung.

Dalam naskah Laporan Penelitian Arkeologi Limbasari 1983 yang juga disimpan oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud) Kabupaten Purbalingga, para peneliti menyimpulkan kawasan Desa Limbasari merupakan bekas perbengkelan dari tradisi neolithikum ± 2500 SM. Produk yang dihasilkan terutama adalah gelang batu dan beliung persegi.

Kini bekas lokasi-lokasi ekskavasi telah rata kembali terkubur tanah. Meski demikian situs ini masih sering dikunjungi para pelajar ataupun mahasiswa. “Mereka minta dipandu, ditunjukan bekas lokasi penggalian. Pernah juga datang mahasiswa dari Australia ke sini,” tuturnya.(ganda kurniawan)

No Responses

Leave a Reply

error: Content is protected !!