Menu
Media Online Terpercaya

WBP Kelas IIB Purbalingga Terima Vaksin Dosis Kedua

  • Share
Warga Binaan Pemasyarakatan Rumah Tahanan Negara Kelas IIB Purbalingga menerima vaksin Covid-19 dosis kedua, Kamis (19 Agustus 2021).
Warga Binaan Pemasyarakatan Rumah Tahanan Negara Kelas IIB Purbalingga menerima vaksin Covid-19 dosis kedua, Kamis (19 Agustus 2021).

Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIB Purbalingga menerima vaksin Covid-19 dosis kedua. Pelaksanan ini diharapkan mempercepat kekebalan kelompok atau herd immunity para WBP.

Baca Juga: 116 Warga Binaan Rutan Kelas II B Purbalingga Terima Remisi

Pelaksana Tugas Kepala Rutan Purbalingga, Bluri Wijaksono menjelaskan, total penerima vaksin sebanyak 116 orang. Vaksin dosis pertama sudah diberikan bulan Juli lalu.

Baca Juga: Rutan Purbalingga Dirazia Aparat. Tak Ditemukan Narkoba

“116 orang dapat divaksin.  23 orang ditunda karena alasan tidak lolos skrining dan baru selesai isolasi mandiri. 7 orang merupakan tahanan titipan yang masih berada di Mapolres Purbalingga serta 26 orang yang tidak mempunyai NIK,” katanya usai kegiatan di Rutan Kelas IIB Purbalingga, Kamis (19 Agustus 2021).

Baca Juga: Rutan Kelas IIB Purbalingga Beri Pelatihan Membatik Warga Binaan Pemasyarakatan

Rencananya lanjut Bluri, untuk 26 WBP yang tidak mempunyai NIK akan mendapatkan vaksinasi dosis 1 setelah Rutan Purbalingga berkoordinasi dengan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dindukcapil) Kabupaten Purbalingga. Pasalnya, hal ini terkait data NIK sebagai salah satu syarat mengikuti vaksinasi,” katanya.

Baca Juga: Kabar Baik. 83,3 Persen Pasien Covid-19 di Purbalingga Sembuh. Jangan Lupa Tetap Waspada

“Kami sudah kordinasi dengan Dinas Kependukan dan Catatan Sipil (Dindukcapil) Kabupaten Purbalingga. Alhamdulillah, mereka langsung melakukan skrining data,” tuturnya.

Ia menegaskan, vaksinasi diharapkan dapat mengendalikan penularan Covid-19. Selain itu tetap harus disertai juga komitmen kita melaksanakan 5 M, seperti menggunakan masker, mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir, menjaga jarak, menghindari kerumunan serta membatasi aktifitas khususnya bagi WBP

“Alhamdulillah, sudah dilengkapi vaksinasi dosis 1 dan 2 bagi Petugas dan WBP Rutan Purbalingga. Harapannya yang sudah tervaksin tidak mudah terserang virus, terutama COVID-19, dan terciptanya herd immmunity secara luas. Dari laporan yang saya terima mulai dari proses KIPI pasca vaksinasi dosis kedua, tidak ada gejala berarti. Sampai sekarang juga semua dalam keadaan sehat. Mudah-mudahan sehat semua sampai seterusnya,” imbuh Bluri.

Kepala Subseksi Pelayanan Tahanan, Doni Kristianto, mengatakan seluruh WBP diupayakan untuk ikut vaksinasi dengan lengkap. Vaksinasi ini terselenggara atas kerja sama Rutan Kelas IIB Purbalingga dengan Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Purbalingga dan Puskesmas Purbalingga sebagai pelaksana.

“Alhamdulillah, berjalan lancar, tidak ada yang resisten menolak. Semua ikut karena ingin sama-sama terbebas dari COVID-19,” katanya.

 

 

 

 

 

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *