Waspada, Penghuni Rumah Dekat Tebing Rawan Longsor

By: On: Dibaca: 140,082x
Waspada, Penghuni Rumah Dekat Tebing Rawan Longsor

zJdgaOC8mU

Penghuni rumah yang berada di dekat tebing rawan longsor diminta semakin waspada ketika hujan deras turun. Pasalnya potensi tanah longsor sudah mulai terjadi sejak musim penghujan datang Nopember 2015 ini.

Kepala Desa Gununglurah, Kecamatan Cilongok, Khabib mengatakan usai hujan lebat Sabtu (7/11) lalu, tebing setinggi tujuh meter di depan dan samping bangunan rumah milik Sukirno (53) warga RT 6 RW 10 Grumbul Bojong longsor. Akibat longsor tersebut, bangunan rumah tersebut juga mengalami retak.

“Kami sudah imbau agar penghuni rumah untuk mengosongkan rumah secepatnya. Soalnya dikhawatirkan jika ada hujan lebalagi maka akan terjadi longsor susulan, apalagi tanah di sekitar lokasi tersebut berkontur labil dan tidak ada drainase yang memadai,” katanya.

Pemilik rumah, Sukirno mengatakan rumahnya memang berada di atas tebing. Akibat hujan deras yang mengguyur lebih dari dua jam pekan lalu membuat tebing yang ada di depan dan samping rumah longsor. Akibatnya bangunan rumah sudah nyaris tertimbun karena jarak tembok rumah dengan tebing kini hanya terpaut setengah meter saja.

“Kejadian longsor ini sudah terjadi dua kali. Sebelumnya tebing bagian bawah longsor beberapa menit kemudian disusul tebing bagian atas yang menyebabkan bunyi keras karena tembok rumah terbawa longsor,” jelasnya.

Akibat longsor tersebut, jalan setapak yang berada di bawah tebing rumah Sukirno tersebut juga tertutup tanah dan batu. Sukirno juga menopang rumahnya yang sudah miring tersebut dengan bambu. Sementara sejumlah perabotan rumah yang berada di ruang depan sudah dipindahkan.

No Responses

Leave a Reply

error: Content is protected !!