Waspada, Cuaca Ekstrim Bakal Terjadi

By: On: Dibaca: dibaca 10.03Rbx
Waspada, Cuaca Ekstrim Bakal Terjadi

Dampak Ikutan Siklus Angin Tropis ‘Cempaka’

Dampak ikutan siklus angin tropis ‘Cempaka’ di wilayah Laut Jawa akan terjadi cuaca ekstrim, diprediksi akan terjadi bencana angin ribut dan tanah longsor beberapa hari ke depan.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Purbalingga, Satya Giri Podo mengungkapkan kepada lintas24.com, Selasa (28 November 2017) masyarakat untuk mewaspadai cuaca ekstrim yang datang.

“Info dari BMKG (Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika) ini karena adanya siklus angin tropis ‘Cempaka’,” kata Giri

Menurutnya, wilayah Purbalingga terkena imbas dari siklus tersebut. Cuaca esktrim berupa hujan yang lebih sering turun diberengi dengan angin ribut. Oleh karena itu, masyarakat yang berada di lokasi rawan bencana alam diminta meningkatkan kewaspadaan.

“Terutama untuk warga yang rumahnya berada di wilayah rawan longsor karena intensitas hujan saat ini cukup tinggi. Sedangkan angin ribut, memang tidak bisa diprediksi lokasi datangnya, tapi tetap harus waspada,” katanya.

Untuk diketahui, tanah longsor mengancam di enam kecamatan masing-masing Kecamatan Karangjambu, Kertanegara, Karangreja, Karangmoncol, Rembang dan Karanganyar. Lokasi rawan longsor sebagian besar berada di wilayah Purbalingga Utara karena melihat topografinya berupa pagunungan.

Kemudian untuk wilayah rawan angin ribut, meski tidak bisa diprediksi, namun dari catatan BPBD pernah melanda di wilayah Kecamatan Purbalingga, Kutasari, Bojongsari, Padamara, Karanganyar, Karangmoncol, Karangreja, Rembang, Bobotsari dan Mrebet.

Sementara itu, Kepala Kelompok Teknisi Stasiun Meteorologi Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Cilacap Teguh Wardoyo mengatakan, bibit siklon tropis yang muncul di perairan selatan Jawa Tengah telah berkembang menjadi siklon tropis (badai) Cempaka. Namun demikian saat ini posisinya sudah bergeser ke perairan selatan Jawa Timur.

“Siklon tropis Cempaka memberikan dampak berupa hujan dengan intensitas sedang hingga lebat di Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, DI Yogyakarta, Jawa Timur, dan Bali,” katanya. Selain hujan dengan intensitas sedang hingga lebat, angin kencang hingga 20 knots berpotensi terjadi di wilayah selatan Jawa. (mahendra yudhi krisnha)

No Responses

Leave a Reply

error: Content is protected !!