Waspada 3 Hari Ke Depan, Jateng Akan Dilanda Angin Kencang dan Petir

By: On: Dibaca: dibaca 3.10Rbx
Waspada 3 Hari Ke Depan, Jateng Akan Dilanda Angin Kencang dan Petir

Hampir seluruh wilayah Jateng akan diterjang fenomena alam Madden Julian Oscillation (MJO) dalam beberapa hari ke depan. MJO mengacu pada sebuah pola osilasi awan konveksi yang dapat menimbulkan hujan dalam intensitas sedang hingga lebat. Fenomena MJO berdampak kepada peningkatan curah hujan disertai angin kencang dan petir di sebagian besar wilayah Jateng.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi Kelas II Ahmad Yani Semarang mencatat, fenomena ini diprediksi akan berlangsung pada Selasa (7 Januari 2020) ini hingga Kamis (9 Januari 2020) mendatang.

BMKG Ahmad Yani kembali melakukan update informasi peringatan dini potensi cuaca ekstrim di Wilayah Jawa Tengah serta proyeksi cuaca untuk beberapa hari ke depan dari dinamika atmosfer yang tengah berlangsung tersebut.

Kewaspadaan bersama tetap perlu dipertahankan, akan potensi terjadinya bencana hidrometeorologis lainnya berupa banjir, banjir bandang, angin kencang  dan tanah longsor.

Adapun daerah-daerah yang berpotensi menerima curah hujan dengan intensitas sedang – lebat pada periode 07 – 09 Januari 2020 adalah sebagai berikut :

Tanggal 07 Januari 2020

Brebes bagian selatan (Bumi Ayu dan Sekitarnya), Tegal bagian selatan (Guci, Slawi, Moga), Pemalang bagian selatan, Pekalongan bagian selatan (Kajen), Batang bagian selatan, Kendal bagian selatan, Cilacap Bagian Utara (Majenang) , Banyumas/Purwokerto, Purbalingga, Banjarnegara, Wonosobo, Temanggung, Magelang, Kota Semarang, Kab. Semarang, Salatiga, Boyolali, Grobogan, Blora, Sragen.

Tanggal 08 Januari 2020

Brebes bagian selatan (Bumi Ayu dan Sekitarnya), Tegal bagian selatan (Guci, Slawi, Moga), Batang bagian selatan, Kendal bagian selatan, Cilacap Bagian Utara (Majenang) , Purbalingga, Banjarnegara, Wonosobo, Temanggung, Magelang, Kab. Semarang, Salatiga, Boyolali, Klaten, Sukoharjo, Surakarta, Sragen, Karanganyar.

Tanggal 09 Januari 2020

Brebes bagian selatan (Bumi Ayu dan Sekitarnya), Tegal bagian selatan (Guci, Slawi, Moga), Batang bagian selatan, Kendal bagian selatan, Pemalang bagian selatan, Pekalongan Bagian Selatan Cilacap Bagian Utara (Majenang) , Banjarnegara, Wonosobo, Temanggung, Kab. Semarang, Kota Semarang, Salatiga, Boyolali, Grobogan, Blora, Pati bagian selatan, Demak, Kudus Bagian Selatan, Rembang bagian selatan, Sragen

“Maka dari itu, kita bersama perlu waspada. Terutama bagi warga yang tinggal di wilayah pegunungan. Fenomena MJO ini akan berlangsung selama 3 hari. Dalam situasi seperti ini, pada daerah konvergensi tersebut sangat mudah tumbuh awan awan konvektif yang dapat menimbulkan hujan dengan intensitas sedang – lebat kadang disertai petir serta diikuti angin kencang,” ungkap Achadi Subarkah Raharjo, Kepala BMKG Ahmad Yani Semarang

No Responses

Leave a Reply

error: Content is protected !!