by

Warga Purbalingga Tak Menolak Jenazah PDP COVID-19 Dimakamkan

Pasien Dalam Pengawasan (PDP) di di rumah sakit Siaga Medika Purbalingga meninggal dunia, Sabtu (4 Maret 2020). PDP yang meninggal dunia berjenis kelamin wanita usia 24 tahun warga Kecamatan Rembang.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Purbalingga, Hanung Wikantono menuturkan, sebelumnya almarhumah dua bulan yang lalu pernah berada di Yogyakarta dan mengalami sesak nafas. Kondisi kesehatannya dua hari belakangan memburuk. Dia dibawa kemarin sekitar pukul 21.30 Wib dan meninggl dunia pada pukul 02.00 Wib. PDP belum sempat dilakukan swab.

“PDP itu langsung dimakamkan sesuai protokol WHO. Untuk  keluarga terdekat PDP sudah dilakukan rapid tes. Paling dekat dengan PDP ada enam orang dan hasilnya negatif semua,” ungkapnya kepada cyber media lintas24.com, Sabtu (4 Maret 2020).

Kapolsek Rembang, AKP Sunarto menambahkan, personel gabungan dari Polsek Rembang dan Polres Purbalingga dikerahkan untuk mengamankan prosesi pemakaman COVID-19.  Prosesi pemakaman dilakukan di Desa Losari Kecamatan Rembang.

“Sebelum dilaksanaan pengamanan, anggota diapelkan terlebih dahulu untuk diberikan pengarahan tentang Standar Operasional Prosedur  (SOP) pengamaman serta pemlotingan personil. Seluruh prosesi pemakaman jenazah PDP COVID-19 berjalan dengan aman dan lancar,” tuturnya

Ia menambahkan, pemakaman di lakukan oleh tim gugus tugas penanganan Covid 19 Kabupaten Purbalingga dan relawan desa setempat.

Sesuai SOP,  pemakaman pasien dilakukan seperti pasien Covid 19 dengan menggunakan APD lengkap sesuai SOP,” jelasnya.

Camat Rembang, Revon Hapriandiat mengatakan, prosesi pemakaman tidak ada penolakan dari warga.  Camat menghimbau agar.

” Warga tidak menolak jenazah pasien COVID- 19 untuk dimakamkan di pemakaman. Semua jenazah yang terinveksi virus COVID-19 itu sudah aman, karena sudah dilakukan penanganan sesuai SOP yang ada,”terang dia.

 

 

Comment

Feed Berita