by

Warga Kelenteng Tek Hay Kiong Tegal Gelar Kirab Toa Pe Kong

Warga kelenteng Tek Hay Kiong Kota Tegal menyelenggarakan perayaan Cap Go Meh. Kirab Toa Pe Kong berisi tujuh tandu berisi para dewa diarak menuju Pelabuhan Kota Tegal. Kirab dimulai dengan sembahyang umat Tionghoa di kelenteng yang beralamat di Jalan Gurami, Tegal Sari, pukul 10.00 WIB.  Menjelang pukul 14.00 WIB, tujuh tandu berisi para dewa diarak menuju Pelabuhan Kota Tegal.

“Umat kelenteng Tek Hay Kiong Kota Tegal terlihat antusias berebut cap dari Dewa Tek Hay Cin Jin. Hal itu sebagai simbol bahwa Konco Tek Hay Cin Jin memberikan perlindungan kepada mereka. Beliau ke Tegal menggunakan jalur laut. Kita memberi ritual untuk menghadapkan dewa-dewa ke laut untuk mengingat kedatangannya,” kata Pendeta Chen Li Wei, Jumat (7 Februari 2020).

Ia menambahkan, mengikuti tradisi ini di pelabuhan untuk mengingat jasa-jasa dewa Tek Hay Cin Jin  yang merupakan sosok yang layak ditiru. Baik untuk dirinya maupun keluarganya.

“Kita tak lupa berdoa, agar di kehidupan satu tahun ke depan dipenuhi berkah. Para umat Tionghoa yang berkenan meminta air yang telah dibacakan doa-doa saat upacara. Setelah ritual di pelabuhan, selanjutnya para dewa akan diarak kepusat Kota Tegal, Sabtu (8 Februrai 2020),” tuturnya

Nampak hadir untuk memeriahkan, Wali Kota Tegal Dedy Yon Supriyono dan wakilnya M. Jumadi.

 

 

 

Comment

Feed Berita