by

Warga Desa Tunjungmuli dan Para Pedagang Bersihkan Puing Kebakaran Pasar

-Daerah, Update-dibaca 140.64Rb kali | Dibagikan 46 Kali

Baca Juga : Pasar Runjang Tunjungmuli Purbalingga Terbakar Habis

Setelah habis terbakar, Sabtu Malam (24 Agustus 2019), para pedagang Pasar Runjang Desa Tunjungmuli Kecamatan Karangmoncol Kabupaten Purbalingga mulai membersihkan puing kebakaran. Pembersihan puing juga diikuti warga Desa, Pemerintah Kecamatan Karangmoncol, Koramil 11 Karangmoncol, Polsek Karangmoncol, Linmas, Banser, Kokam dan Ormas kepemudaan lainnya.

Camat Karangmoncol, Juli Atmadi mengapresiasi apa yang dilakukan oleh oleh semua eleman masyarakat Desa Tunjungmuli yang telah bekerja sama membersihkan puing kebakaran. Juli berharap para pedagang jangan terus larut dengan musibah kebakaran yang menimpanya, namun harus segera bangkit menata perekonomian lagi.

“Kami kemarin (Minggu, 25 Agustus 2019) telah rapat bersama para pedagang, forkompimcam, kepala desa dan kepala Dinas Peridustrian dan Perdagangan (Dinperindag) Purbalingga terkait dengan langkah pembangunan shelter bagi pedagang,” katanya kepada cyber media lintas24.com, Senin (26 Agustus 2019)

Ia menjabarkan, terdapat lima kesepakatan dalam musyawarah tersebut, pertama lokasi shelter berada di Lapangan Gunung Jaya Indah skitar 200 meter dari pasar Rujang. Kedua shelter akan disediakan oleh pemerintah daerah dalam hal ini Dinperindag. Ketiga, pembangunan shelter ditargetkan dalam waktu satu minggu.

“Keempat mengusulkan renovasi pasar ke Kemntrian Desa terkait dengan program pasar desa, keempat pemerintah desa membentuk kepantian kecil terkait dengan teknis pendirian shelter dan penempatan pedagang. Selasa (27 Agustus 2019) hasil kesepakatan ini akan segera di rapatkan di tingkat Kabupaten,” katanya.

Sebagaimana diketahui pada Sabtu Malam (24 Agustus 2019) terjadi kebakaran pasar Runjang yang diduga akibat pembakaran sampah di sebelah pasar. Sebanyak 78 kios terbakar, yang dimiliki oleh 59 pedagang, dengan taksiran kerugian sementara 800 juta.

Pada kesempatan itu Bupati Purbalingga, Dyah Hayuning Pratiwi ikut memantau pemadaman pasar Runjang. Dalam instruksinya untuk kecamatan dan pemerintah desa untuk melakukan koordinasi terkait pasca kebakaran, terkait dengan penempatan kembali pedagang agar bisa berjualan kembali.

Bupati juga memberikan bantuan kepada Kepala Desa untuk digunakan kerja bakhti membersihkan pasar Runjang.

Comment

Berita Lainnya