by

Warga dan Polisi Semprot  Disinfektan di Kampung Tertib Lalu Lintas Purbalingga

Warga Kampung Tertib Lalu Lintas di RT 04 RW 09 Kelurahan Purbalingga Wetan melakukan penyemprotan disinfektan secara mandiri dilingkungannya, Senin (30 Maret 2020). Selain penyemprotan, imbauan tentang protokol kesehatan untuk cegah tangkal penyebaran serta sosialisasi Maklumat Kapolri tentang kepatuhan terhadap kebijakan pemerintah dalam penanganan penyebaran Covid-19juga disampaikan kepada 68 Kepala Keluarga yang berada di Perumahan Griya Abdi Kencana Purbalingga.

Baca Juga: Satlantas Polres Purbalingga Gelar Kegiatan Peduli Kesehatan Untuk Antisipasi Penyebaran COVID-19

Baca Juga: Ruang Pelayanan Satlantas Polres Purbalingga Disemprot Disinfektan Untuk Pencegahan Penyebaran Covid-19

Baca Juga: Satlantas Polres Purbalingga Imbau Pengendara Waspadai Jalan Berlubang  

Ketua RT 04 RW 09, Mahendra Yudhi Krisnha menuturkan, tujuan dilakukan penyemprotan disinfektan ini sebagai langkah pencegahan meluasnya virus corona serta usaha meningkatkan kebersihan untuk mencegah penyebaran COVID-19. Bahan disinfektan diracik dan dibuat secara mandiri mengingat harga disinfektan di pasaran sudah cukup tinggi. Namun demikian, dalam pembuatannya dilakukan dengan tetap mengikuti panduan yang dikeluarkan Dinas Kesehatan, baik meliputi jenis bahan utama, komposisi maupun volumenya.

“Ini satu ikhtiar, kami mengajak kepada seluruh warga untuk melakukan upaya preventif dengan menjaga diri masing-masing, keluarga, teman dan lingkungannya agar terhindar dari penularan Covid-19. Perilaku hidup bersih dan sehat tersebut di antaranya, rajin cuci tangan dengan sabun atau sejenisnya, membersihkan diri dengan mandi setidaknya 2 kali sehari, selanjutnya makan dengan teratur dan bergizi, juga mengkonsumsi buah dan sayur serta jangan lupa minum air yang secukupnya,” tutur Yudhi

Ia menambahkan, dalam kegiatan ini juga dilibatkan Unit Pendidikan dan Rekayasa (Dikyasa) Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Purbalingga untuk memberikan sosialisasi Maklumat Kapolri tentang kepatuhan terhadap kebijakan pemerintah dalam penanganan penyebaran Covid-19.

“Intinya, seluruh warga diharapkan sementara waktu tidak mengadakan kegiatan sosial kemasyarakatan yang menyebabkan berkumpulnya massa, baik di tempat umum maupun di lingkungan sendiri,” tuturnya.

Baca Juga: Satlantas Polres Purbalingga Tindak Tegas Truk ODOL

Baca Juga: Satlantas Polres Purbalingga Imbau Masyarakat Jangan Naik Odong-odong

Baca Juga: Kasat Lantas Polres Purbalingga, AKP Indri Endrowati: Jangan mengemudi dalam kondisi di bawah pengaruh alkohol

Kasat Lantas Polres Purbalingga, AKP Indri Endrowati melalui Kanit Dikyasa IPTU Tedy Subiyarsono mengungkapkan, kegiatan ini menjadi satu kolaborasi yang baik  dengan tujuan sebagai upaya preventive penyebaran Covid-19.

“Kami dari Satlantas Polres Purbalingga selalu melakukan langkah proaktif untuk membantu mencegah penyebaran virus corona. Ada dua anggota Satlantas yang tinggal di Kampung Tertib Lalu Lintas ini. Ada Bripka Aris Sugiarto dari Unit Turjawali dan Bripka Teguh Riyanto dari Unit Dikyasa, mereka bergerak bersama warga untuk melakukan kegiatan ini,” ungkapnya.

Ia menambahkan, kegiatan ini sejalan dengan maklumat Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri) nomor Mak/2/III/2020 tentang kepatuhan terhadap kebijakan pemerintah dalam penanganan penyebaran virus Corona (COVID-19).

“Kapolri, Jenderal Idham Azis telah menginstruksikan untuk semua jajaran Polri agar melindungi masyarakat. Polri berpedoman pada asas keselamatan rakyat adalah hukum tertinggi atau Salus Populi Suprema Lex Esto,” ungkapnya.

Ia menjelaskan, keputusan Kapolri didasarkan karena cepatnya penyebaran virus Corona dan pemerintah telah mengeluarkan kebijakan dalam rangka penanganan agar penyebaran tak meluas dan mengganggu keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas).

“Kapolri Jenderal Idham Azis memerintahkan seluruh pihak tetap tenang, tidak panik dan meningkatkan kewaspadaan di lingkungan masing-masing. Masyarakat juga diminta mengikuti informasi dan imbauan Pemerintah,” ungkapnya.

 

Comment

Feed Berita