Wani Nandur Banyu Makmur Ala Kupas Desa Gondang Purbalingga

By: On: Dibaca: dibaca 69.94Rbx
Wani Nandur Banyu Makmur Ala Kupas Desa Gondang Purbalingga

650 orang dari 53 komunitas di Kabupaten Purbalingga dan Kabupaten Pemalang mengikuti kegiatan kolaborasi penanaman pohon. Kegiatan yang digagas Komunitas Pemuda Sarangan (KUPAS) Desa Gondang Kecamatan Karangreja, Kabupaten Purbalingga mengusung tema “Wani Nandur, Banyu Makmur” diselenggarakan di di Lapangan Waringin Kembar, Sabtu Minggu (25-26 Januari 2020)

“Kegiatan ini bertujuan untuk melestarikan Curug Ilang. Sumber mata air ini menjadi salah satu sumber mata air utama untuk menyuplai kebutuhan air masyarakat Desa Gondang,” ungkap ketua panitia, Wagimin Wilman dalam rilis yang diterima cyber media lintas24.com, Kamis (30 Januari 2020)

Ia menjelaskan, kegiatan ini selain bertujuan untuk penyelamatan sumber mata air Curug Ilang, acara ini juga digunakan untuk pendidikan lingkungan baik untuk masyarakat sekitar Desa Gondang dan para peserta penanaman.

“Kami mendapat tanaman dari Pemerintah Kabupaten Purbalingga melalui Dinas Lingkungan Hidup. Selain itu juga menerima dari teman-teman penggiat lingkungan, diantaranya Komunitas Pendaki Gunung Pemalang Ikhlas (KPG-PI), Komunitas Pecinta Alam SMA N 1 Karangreja (KOMPAS). Kedepan dapat dilakukan kegiatan kolaborasi lintas komunitas untuk mengatasi masalah bersama yang terjadi di Desa Gondang,” tuturnya

Dalam kegiatan yang dihadiri oleh komunitas My Trip My Adventure (MTMA) Kabupaten Purbalingga, Komunitas Remaja Lentera Hati (KRLH), KPG-PI, KOMPAS, dan komunitas lainnya ini juga digelar acara sharing session dengan menghadirkan pembicara Eka Alkinayung pegiat konservasi Sabawana, Pemalang.

 

 

No Responses

Leave a Reply

error: Content is protected !!