by

Walikota Bekasi Rahmat Effendi: Tetap Terapkan Pembelajaran Online, Ikuti Panduan Kemendikbud RI

Walikota Bekasi Rahmat Effendi akan tegas mematuhi kebijakan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia (Kemendikbud RI) dengan melaksanakan pembelajaran online meskipun dirinya meyakini akan banyak tantangan dalam pelaksanaanya. Ini memang bukan hal yang mudah.

“Butuh banyak penyesuaian diri. Tapi saya percaya bahwa beradaptasi bisa menjadi langkah awal bagi kita untuk menapaki masa depan dunia pendidikan,” ungkapnya

Ia meyakini, tahun pelajaran baru 2020/2021 bakal berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Kemendikbud RI telah menerbitkan panduan untuk pembelajaran di tengah pandemi Covid-19. Panduan tersebut berdasarkan Surat Keputusan Bersama (SKB) 4 menteri.

“Saya ikuti saja panduan itu, daerah yang masih masuk dalam kategori zona merah, orange dan kuning hanya boleh melaksanakan pembelajaran online,” tegasnya.

Untuk informasi, Ada 94 persen wilayah Indonesia masuk zona tersebut. Maka tahun ajaran baru 2020 tak lagi sama dengan tahun sebelumnya. Tak ada lagi interaksi antara guru, murid, dan orang tua dalam satu ruang yang sama.

Sementara sekolah, tiba-tiba harus mengorkestrasi ekosistem pendidikan dari dunia maya. Kerumitan serupa juga dialami oleh para pemangku kebijakan, yang terpaksa menarik maju sistem pendidikan yang baru, 10 atau bahkan 20 tahun lebih awal. Di saat transformasi pendidikan masih terkendala oleh kesiapan infrastruktur dan serapan teknologi.

 

 

Comment

Feed Berita