by

Wakil Ketua DPRD Kabupaten Purbalingga, Adi Yuwono: Pemkab Purbalingga Diminta Perhatikan Ponpes Saat New Normal

-Pendidikan, Update-dibaca 6.09Rb kali | Dibagikan 75 Kali

Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Purbalingga meminta Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Purbalingga untuk  menyediakan layanan kesehatan dan bantuan infrastruktur di pondok pesantren (ponpes) untuk menyambut era kenormalan baru (new normal).

Wakil Ketua DPRD Kabupaten Purbalingga, Adi Yuwono menuturkan, protokol kesehatan sangat penting mengingat kondisi ponpes yang sangat rentan dengan penyebaran virus tersebut.

“Artinya, Pemkab Purbalingga melalui Dinas Kesehatan dan Kantor Kementerian Agama harus segera menyiapkan rencana  dan memetakan secara komprehensif. Sehingga, ponpes  benar-benar steril dari wabah ini,” tutur Adi Yuwono kepada tabloid elemen jejaring cyber media lintas24.com, Jumat (12 Juni 2020).

Ia mengungkapkan, sebagai lembaga yang memiliki ruang lingkup terbatas, protokol kesehatan di ponpes juga harus berbeda dengan protokol kesehatan di sekolah umum.

“Protokol kesehatan di ponpes  ini sangat penting mengingat kondisi pesantren yang sangat rentan dengan persebaran covid-19.  Protokol kesehatan di ponpes bertujuan untuk menghindari penyebaran virus corona, baik untuk para santri  ataupun para pengasuh dan tenaga pengajar,” ungkapnya.

Adi Yuwono menegaskan, harus diperhatikan aktivitas santri yang bermukim ponpes pasti akan menumpuk, serta mobilitas yang terbatas. Ini menjadi fenomena yang tidak lazim layaknya di sekolah formal. Dengan proses pembelajaran 24 jam, protokol kesehatan juga harus siap selama 24 jam

“Selain itu, pihak pengurus pondok pesantren juga harus mampu mengatur para santrinya untuk selalu menjaga jarak dan menjaga kebersihan dalam setiap kegiatan yang dilakukan. Misalnya, sebelum dan sesudah masuk pesantren para santri dan para pengantarnya wajib mencuci tangan dan menggunakan masker,” ungkapnya.

Ia menegaskan, new normal itu sebenarnya merupakan kesiapan kita untuk hidup dengan menerapkan norma baru. Pemberlakuan protokol kesehatan di ponpes selama pandemi covid-19 adalah prioritas utama.

“Itu yang harus dipahami. Jadi persiapannya dulu yang harus kita lakukan, bukan mendahulukan mempromosikan new normal itu saja. Oleh karena itu, saya berharap, semuanya yang terlibat didalamnya, segera mungkin membuat rencana prioritas,” ungkapnya

 

 

Comment

Berita Lainnya