Menu
Media Online Terpercaya

Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco Ahmad: Kasus Covid-19 Melonjak, Sekolah Tatap Muka Ditunda 2-3 Bulan Dulu

  • Share
Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco Ahmad

Pemerintah perlu melihat kembali kebijakan terkait pembelajaran tatap muka (PTM) terbatas di sekolah yang akan berjalan Juli mendatang. Pasalnya, kebijakan pembukaan sekolah itu dibuat sebelum adanya lonjakan kasus Covid-19 di sejumlah daerah.

Hal itu diungkapkan Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco Ahmad dalam pernyataan video Selasa (15 Juni 2021).

“Sekolah tatap muka atau PTM terbatas ditunda sementara dua hingga tiga bulan. Sebab, Indonesia sedang mengalami lonjakan kasus Covid-19 pasca libur-Lebaran. Sambil menunggu situasi Covid-19 yang mudah-mudahan lonjakannya bisa diatasi,” kata Dasco yang yang juga Ketua Harian DPP Partai Gerindra

Dasco mengatakan bahwa DPR akan meminta pemerintah membuat rencana yang disesuaikan dengan kondisi masing-masing daerah.

“Perlu ada rencana yang dievaluasi oleh pemerintah mungkin ditunda sedikit antara lain soal kehadiran anak di sekolah. Nah, itu kan dibuat (kebijakan) waktu itu sebelum ada lonjakan tinggi di beberapa daerah,” kata dia.

Untuk diketahui, Pemerintah telah memutuskan bahwa pembelajaran tatap muka atau sekolah tatap muka akan dimulai pada Juli 2021. Hal itu tertuang dalam Surat Keputusan Bersama (SKB) empat menteri tentang Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19, Selasa (30 Maret 2021).

Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Mendikbud Ristek) Nadiem Makarim menegaskan, sekolah harus menyediakan opsi pembelajaran tatap muka. Namun, ia menegaskan bahwa PTM terbatas dapat dilakukan saat ini tanpa harus menunggu bulan Juli 2021.

Nadiem juga mengimbau kepada seluruh satuan pendidikan, yaitu guru dan tenaga pendidik, yang sudah divaksinasi segera membuka opsi PTM terbatas.

 

 

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *