Wakil Bupati Tegal Sabilillah Ardie : Ajarkan Anak-anak Nilai Kemanusiaan dan Batasi Akses Internet Anak

By: On: Dibaca: 91,033x
Wakil Bupati Tegal Sabilillah Ardie : Ajarkan Anak-anak Nilai Kemanusiaan dan Batasi Akses Internet Anak

 

Orang tua dan guru atau tenaga pendidik mempunyai peran penting dalam memperkuat pendidikan khususnya pendidikan karakter anak. Apalagi di era teknologi yang tumbuh sangat cepat, peran orang tua serta pendidik di sekolah sangatlah penting.

Hal tersebut diungkapkan Wakil Bupati Tegal, Sabilillah Ardie saat membuka acara Halal Bihalal Forum Silaturahim Orang Tua Santri dan Pendidik Madinah (Fitrah) di Pendopo Amangkurat, Slawi pada Sabtu (27 Juli 2019) pagi.

Di hadapan wali murid serta pendidik sekolah madinah, Ardie mengatakan anak-anak sekarang ini terlahir sebagai native digital atau anak-anak milenial. Di mana tumbuh di lingkungan yang sudah sangat familiar dengan penggunaan perangkat teknologi, informasi, dan komunikasi berbasis digital.

“Saya menitip pesan kepada semua orang tua maupun guru supaya mengedepankan nilai empati, nilai-nilai keagamaan dan nilai kultural sebagai akar budaya bangsa Indonesia. Ajarkan nilai-nilai kemanusiaan yang tidak bisa dilakukan oleh teknologi,” pesan Ardie.

Melalui parenting skill, menurut Ardie, orang tua dapat menjadi pengarah, pembimbing anak sesuai dengan karakter kepribadian, perkembangan dan kebutuhan anak di usia sekarang. dirinya juga mengajak seluruh orang tua murid untuk memantau pergaulan di lingkungan sosial media anak-anak.

“Seleksi dan batasi akses internet anak, serta kendalikan penggunaan perangkat digitalnya. Jika menemukan kejanggalan atau perkembangan yang tidak sesuai norma, etika dan agama, maka arahkan dan berikan pemahaman yang baik. Karena orang tua di era internet of things dituntut menjadi sahabat dan konselor yang baik bagi buah hatinya,” jelasnya.

Sementara itu, pengurus Fitrah, Musthofa menuturkan tujuan diadakannya Halal Bihalal Fitrah ini sebagai wadah pertemuan orang tua dengan pendidik untuk melihat sejauh mana perkembangan masing-masing anak.

“Kami berharap orang tua dan pendidik dapat saling melengkapi serta membantu anak, khususnya pada bidang pendidikan,” katanya

 

 

No Responses

Leave a Reply

error: Content is protected !!