Wagub Heru Pastikan Jembatan Penghubung Kedunglegok – Dermasari Dibangun 2019

By: On: Dibaca: 516,748x
Wagub Heru Pastikan Jembatan Penghubung Kedunglegok – Dermasari Dibangun 2019

Wakil Gubernur Jawa Tengah, Drs H Heru Sudjatmoko MSi jembatan penghubung Desa Kedunglegok, Kecamatan Kemangkon Purbalinga dengan Desa Dermasari, Kecamatan Susukan Banjarnegara akan dibangun pada tahun 2019 melalui APBD Provinsi Jawa Tengah.

“Rencanannya tahun 2018 mulai dirancang DED (Detailed Engineering Design) sebagai gambar perencanaan bangunan. Tahun 2019 baru pelaksanaan pembangunan,” kata Heru.

Mengenai bulan pelaksanaan pekerjaan pembangunan, pihaknya hanya memastikan akan mulai dibangun pada bulan Maret atau April mendatang. Dasar pembangunan jembatan yang akan melintasi Sungai Serayu ini yakni untuk membuka akses penghubung antar kabupaten khususnya Purbalingga dengan Banjarnegara.

“Melihat akan dibangunnya bandara Jenderal Besar Soedirman yang mudah mudahan akhir tahun 2019 sudah selesai, Jembatan ini akan mempermudah akses ke sana, misalnya dari Sumpiuh atau Kota Banyumas akan lebih cepat jika melewati jembatan ini,” katanya.

Mengenai estimasi anggaran yang dibutuhkan untuk membangun jembatan ini yakni Rp 35 juta. Perkiraan tersebut merupakan hasil kajian sementara dari Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Provinsi Jateng. Sementara itu perancangan DED akan dilaksanakan oleh Dinas Pekerjaan Umum, Bina Marga dan Cipta Karya (DPUBinamarCipka) Prov Jateng.

“Untuk melaksanakan pembangunan ini, kami dari Pemprov juga pada pelaksanaanya membutuhkan kerjasama antara dua daerah yakni Kabupaten Purbalingga dengan Banjarnegara,” katanya.

Pemkab Purbalingga Siap Memfasilitasi Pembebasan Lahan

Plt Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi SE BEcon menyatakan Pemkab Purbalingga bersedia untuk bergotong royong dalam proses pembangunan jembatan ini. Khususnya dalam hal  pembebasan lahan menuju jembatan.

“Menjalankan apa yang menjadi tugas kami di Pemkab Purbalingga baik dalam pengadaan tanah maupun yang lain sebagainya, kita akan bareng-bareng laksanakan agar calon jembatan yang menghubungkan Kedunglegok dengan Dermasari ini segera terealisasi tanpa halangan,” katanya.

Plt Bupati Tiwi berharap pembangunan jembatan ini nantinya tidak hanya membuka akses Kemangkon bagian selatan tapi nanti juga sebagai penghubung antar kebupaten seperti Banjarnegara, Cilacap dan Banyumas untuk menuju Bandara Jenderal Besar Soedirman.

“Harapannya nanti akan muncul pusat keramaian baru yang akan berdampak pada peningkatan perekonomian masyrakat khususnya Kemangkon ini,” ungkapnya.

No Responses

Leave a Reply

error: Content is protected !!