Wacana Kereta Wisata Banyumas Pemkab di Sungai Serayu Ditanggapi Dirjen Perhubungan Darat

By: On: Dibaca: dibaca 106.33Rbx
Wacana Kereta Wisata Banyumas Pemkab di Sungai Serayu Ditanggapi Dirjen Perhubungan Darat

Dirjen Perhubungan Darat menanggapi wacana adanya kereta wisata di Kabupaten Banyumas. Kereta wisata sebagai upaya pemanfaatan jembatan kereta lama diwilayah Kebasen, Banyumas.

“Pembahasan dengan Dirjen Perhubungan Darat kemarin katanya mau diadakan studi kelayakan mengenai pemanfaatan jembatan kereta yang lama,” tutur Kabid Pariwisata Dinporabudpar Kabupaten Banyumas, Saptono

Pihaknya menambahkan, usulan mengenai pemanfaatan jembatan lama menjadi wisata baru sudah mendapat tanggapan positif dari Drijen Perhubungan Darat.

“Namun, rencana tersebut mesti dibahas lintas sektor sebab menyangkut banyak hal, termasuk sungai serayu.  Misal saja, jembatan tersebut perancangannya kan hanya untuk laju kereta. Nah kalau ada usulan untuk berhenti di jembatan tersebut sembari menikmati pemandangan sungai serayu kan mesti ada kajian beban kereta saat berhenti di jembatan tersebut,” tuturnya.

Termasuk, lanjutnya, terowongan kereta lawas yang kini sudah terganti dengan terowongan overpass Kebasen. Belum lagi, akan beroperasi dari stasiun mana sampai stasiun mana. Perlu ada pemikiran mengenai jadwal kereta dari KAI. Serta beberapa hal yang menurutnya masih perlu kajian mendalam.

“Rencananya dijadikan lokasi wisata. Yang terpenting adalah wisatawan menikmati wisata yang disajikan.Bisa memainkan tata kelola lampu, atau bagaimana.,” tuturnya.

 

 

 

No Responses

Leave a Reply

error: Content is protected !!