by

UTD PMI Cabang Kebumen Kembali Aktif Jemput Pendonor

-Inspirasi, Update-dibaca 1.38Rb kali | Dibagikan 10 Kali

Unit Tranfusi Darah Palang Merah Indonesia (UTD PMI) Cabang Kebumen kembali melakukan pelayanan donor darah menggunakan Mobil Unit (MU).

“Pelayanan donor darah dengan MU sempat ditiadakan untuk pencegahan penyebaran Covid19. Hal ini tentu menjadi penurunan stok darah di UTD PMI. Selama situasi pendemi covid19 ini untuk memenuhi stok darah dan melayani pasien donor darah diseluruh rumah sakit se Kabupaten Kebumen, pendonor harus membawa pendonor ganti,” tutur Ketua PMI Kebumen, Sabar Irianto melalui Sekertaris PMI Salim Wasdy.

Ia menjelaskan, MU donor darah tidak bisa kelapangan karena dilarangnya kerumunan. Sebenarnya, permintaan darah yang terus berdatangan UTD PMI Kebumen selama Pandemi Covid19 sempat berupaya jemput pendonor meski hanya satu orang.

“Namun mengingat bahaya dan pencegahan Covid19 dinilai kurang optimal dan beresiko,” ungkapnya.

Kepala Markas PMI Kebumen Eko Purwanto Meski begitu, setiap pendonor atau warga masyarakat yang melakukan pemrintaan darah yang datang langsung ke PMI Kebumen discreaning dengan wajib cuci tangan, menggunakan masker hingga pengecekan suhu tubuh dan pencatatan jam masuk dan keluar.

“Semua tamu yang datang ke PMI wajib dengan protokol kesehatan dan kebersihan, baik pendonor, permintaan darah hingga relawan dan karyawan,” tuturnya.

Ia mengatakan dengan wacana New Normal UTD PMI Kebumen saat jni telah melayani kembali donor darah dengan Mobil Unit. Namun pelayanan tersebut ada syarat protapnya sesuai anjuran pemerintah yakni dengan pembatasan jumlah peserta dan menggunakan protokol kesehatan.

“Kita sudah mulai melayani dengan MU donor darah dari beberapa permintaan masyarakat, namun tetap kami batasi dan menggunakan protokol seperti cek suhu hingga wajib menggunakan masker,” tuturnya.

Ia mengungkapkan, untuk mencukupi kebutuhan darah saat ini PMI berharap dukungan instansi , komunitas dan masyarakat untuk membantu menggerakkan donor darah.

“Kami siap menerima panggilan donor darah, setiap saat,” tuturnya.

Comment

Berita Lainnya