Usai Dilantik, PPS Diminta Langsung Bekerja

By: On: Dibaca: dibaca 5.54Rbx
Usai Dilantik, PPS Diminta Langsung Bekerja

 

 

Sebanyak 717 anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) Pilgub Jateng 2019 dari 239 desa/kelurahan dilantik serentak di 18 kecamatan, Minggu (26 November 2017). Mereka diminta langsung bekerja untuk persiapan tahapan pemutakhiran data calon pemilih.

Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Purbalingga Divisi SDM dan Partisipasi Masyarakat (Parmas), Sukhedi mengatakan, pelantikan tersebut dilakukan setelah mereka diseleksi oleh Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) selama dua tahap. Tahap pertama dilakukan pada 6-11 November. Namun karena hingga berakhirnya waktu seleksi, masih ada enam desa yang belum memenuhi standar minimal jumlah anggota PPS.

“KPU akhirnya membuka kembali seleksi anggota PPS untuk memenuhi kuota itu pada 20-25 November. Setelah kuota terpenuhi, hari ini (kemarin) mereka dilantik di masing-masing kecamatan,” katanya.

Setelah dilantik, anggota PPS diminta diminta segera berkoordinasi dengan pemerintah desa atau kelurahan untuk membuat sekretariat di kantor desa/kelurahan setempat dan meminta bantuan pengadaan petugas sekretariat tiga orang.

Setelah itu, anggota PPS diminta untuk persiapan perekrutan petugas Panitia Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP) yang mana petugas itu dipilih oleh PPS dan diusulkan ke KPU melalui PPK. Setelah petugas PPDP terpilih dan diangkat, mereka akan bekerja untuk persiapan tahapan pemutakhiran data pemilih. (ganda kurniawan)

No Responses

Leave a Reply

error: Content is protected !!