Menu
Media Online Terpercaya

Usai Bertugas di Pilkada Purbalingga, KPPS dan Saksi di TPS 007 Kelurahan Wirasana Lakukan Isolasi Mandiri

  • Share

Anggota Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) dan saksi di Tempat Pemungutan Suara (TPS) 007 Kelurahan Wirasana harus menjalani isolasi mandiri. Mereka harus menjalani isolasi mandiri setelah ditemukan petugas Pengawas TPS 007 di terpapar covid-19.

“Hal itu benar adanya. Usai melaksanakan tugas pada saat pemungutan suara pada 9 Desember 2020. Tes swab dilakukan sehari setelah pelaksanaan pilkada, yakni Kamis 10 Desember 2020. Namun kami belum bisa menjelaskan datanya, karena masih mengumpulkan datanya,” kata Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Purbalingga drg Hanung Wikantono kepada wartawan, Jumat (11 Desember 2020).

Terkait kasus di TPS 7 Kelurahan Wirasana, Hanung menyayangkan ptugas tersebut masih melakukan pengawasan coblosan di TPS.

“Menurut protokol, bagi warga yang menunggu hasil swab wajib melakukan karantina mandiri di rumah hingga menunggu hasilnya keluar,” unhkapnya.

Hanung menambahkan, kejadian tersebut tak hanya d TPS Wirasana. Di tempat lain pun terjadi hal serupa.

Saat ini, pihaknya tengah melakukan tracing bagi mereka yang kontak erat pasien positif Covid-19 di Kelurahan Wirasana tersebut.

“Yang sudah terkonfirmasi, mereka sudah dilakukan test swab di eks Kantor Pemadam Kebakaran,” jelasnya.

Sementara Komisioner Bawaslu Bidang Sumber Daya Manusia (SDM) Setyowati membenarkan perihal tersebut.

“Ya benar. Saat itu hasil swab belum keluar. Kami sudah komunikasi dengan Dinkes,” kata Setyowati.

Dari Hasil komunikasi dengan Dinkes meskipun masih menunggu hasil ketika masih menunggu hasil swab, yang bersangkutan tetap boleh bertugas.

Dengan ketentuan, harus mematuhi protokol kesehatan dan tidak berinteraksi dengan orang di sekitarnya.

“Prinsip kita, kita harus memastikan petugas yang ada di TPS, sedangkan petugas di TPS kan hanya ada satu orang.

“Hasil komunikasi, bila mana dimasa isolasi tidak ada gejala covid-19 dia bisa menjalankan tugasnya, dengan catatan harus mematuhi protokol kesehatan, menggunakan APD lengkap, jaga jarak tidak berinteraksi dengan orang di sekitarnya, nah kita sudah terapkan itu,” ujarnya

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *