by

UPT Dindik Kertanegara Gelar Lomba Paduan Suara

-Budaya-dibaca 125.76Rb kali | Dibagikan 16 Kali

paduan suara

 

Unit Pelaksana Teknis (UPT) Dinas Pendidikan Kecamatan Kertanegara menggelar lomba paduan suara, Kamis (21 April 2016). Kegiatan yang selenggarakan dalam rangka memperingati Hari Kartini diikuti oleh kelompok Dharma Wanita Persatuan (DWP) seluruh Sekolah Dasar (SD) di wilayah Kecamatan Kertanegara.

Kepala UPT, Yohanes Hariyanto, S.Pd.,M.Pd menjelaskan, lomba ini  bertujuan agar para nggota Dharma wanita meneladani  semangat perjuangan Kartini dalam memperjuangkan harkat dan martabat Wanita. Peranan yang penting dalam hal ini adalah dengan memberi motivasi pada suami dalam menjalankan tugasnya serta dapat memberikan rasa nyaman tatkala bekerja, baik itu menjalankan fungsi sebagai seorang ibu bagi keluargannya maupun istri yang berperan aktif di kegiatan organisasi kedharma wanitaan.

“Peran kaum wanita sangat penting dalam upaya turut berkarya, namun tidak melupakan kodratnya sebagai wanita, karena kaum wanita memegang kendali aktivitas rumah tangga sehari-hari,” imbuhnya.

Salah satu juri dalam kegiatan itu, Tito, S.Pd menjelaskan, lomba paduan suara kali ini diikuti 11 kelompok Dharma Wanita di lingkungan UPT Kecamatan Kertanegara.  Masing-masing kelompok terdiri dari 9 penyanyi dan 1 dirigen. Kecamatan Kertanegara memiliki 19 SD dari 11 Desa, 8 Desa diantaranya memilik 2 SD. Untuk menyingkat waktu ke 19 kelompok sekolah dikemas menjadi 11 kelompok Desa dan Desa yang memiliki dua SD digabung jadi satu kelompok. Masing-masing peserta harus membawakan lagu Lagu Ibu Kita Kartini,  Mars Dharma Wanita, dan Mars Purbalingga.

“Menjadi juara pertama paduan suara dari DWP Desa Kasih, juara dua Dharma Wanita  Karangasem, juara ketiga dari Desa Adiaksa,”ungkapnya.

Lomba paduan suara ini menghadirkan 3 juri yakni Yuwono, S.Pd, Yadi, S.Pd dan Tito, S.Pd. Penilaian lomba diambil dari teknik vocal, dasar vocal, penampilan dan penghayatan. (sinangga)

Baca Juga:  Mengenal Komunitas Pecinta Ebeg - EbegTontonan Rakyat Adiluhung

 

Comment

Berita Lainnya