by

Zulkifli Hasan Sosialisasikan Empat Pilar MPR RI

-Uncategorized-35 views

Zulkifli Hasan

CILACAP – Dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, Indonesia memiliki empat pilar MPR RI yang merupakan konsensus dasar berbangsa dan bernegara, yakni Pancasila, NKRI, Bhinneka Tunggal Ika, dan UUD 1945.

Demikian dikatakan Ketua MPR RI Zulkifli Hasan saat memberikan sosialisasi empat pilar MPR RI di Pendopo Wijayakusuma Sakti, kompleks Pemkab Cilacap, Minggu (10/4) siang.

Sosialisasi yang boleh dibilang cukup singkat itu dihadiri Anggota DPR RI Ammy Amalia Fatma Surya, Anggota DPRD Provinsi Jawa Tengah Mustholih, mantan Menteri Kehutanan Al Hilal Hamdi, Bupati Cilacap Tatto Suwarto Pamuji, Sekretaris Daerah Sutarjo, Forkompimda Kabupaten Cilacap, Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Muhammad Tafsir, serta undangan lain.

Menurut Zulkifli Hasan, nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila adalah cinta kasih, gotong-royong, kebersamaan, dan musyawarah mufakat.

“Mari kita lihat di dalam kehidupan sehari-hari, mulai dari tingkat RT, RW, sudahkah nilai-nilai tersebut menjadi perilaku dan budaya dalam kehidupan di masyarakat,” ujar Zulkifli dengan nada bertanya.

Di dalam NKRI, imbuhnya, seluruh warga negara Indonesia mempunyai hak dan kewajiban yang sama dalam hukum dan pemerintahan.

“Artinya, di manapun kita berada, kita datang dari manapun juga, hak dan kewajiban terhadap bangsa dan negara adalah sama,” ujar Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) itu.

Berbicara Bhinneka Tunggal Ika, Zulkifli menyatakan, kita harus bisa hidup dalam keberagaman dan kebhinnekaan. Ikatan budaya yang ada tetap satu, yakni Indonesia. Keberagaman adalah merupakan kekayaan bangsa Indonesia yang mempunyai satu tujuan, satu keluarga, dan mempunyai identitas satu, yakni Indonesia.

Dalam Undang-Undang Dasar 1945, lanjut Zulkifli, intinya terdapat dalam pembukaannya yang memuat Pancasila dan tujuan berdirinya Negara Kesatuan Republik Indonesia, yakni tercapainya keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.

Kehadiran Zulkifli Hasan di Cilacap merupakan rangkaian kegiatan pelantikan Pimpinan Daerah (PD) Muhammadiyah dan Pimpinan Daerah (PD) ‘Aisyiyah Kabupaten Cilacap masa bakti 2015-2020.

PD Muhammadiyah Kabupaten Cilacap diketuai Kuswan Hasan dan PD ‘Aisyiyah diketuai Ulfa Hamadah. (estanto prima yuniarto)

 

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *