by

Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi: Meluruskan, Sukabumi Belum Laksanakan Belajar Tatap Muka Walapun Zona Hijau

-Uncategorized-67 views

Pemerintah Kota (Pemkot) Sukabumi belum melaksanakan belajar tatap muka pada tahun ajaran baru. Pemkot Sukabumi memutuskan memundurkan belajar tatap muka sambil menunggu keputusan menteri terkait pelaksanaan pembelajaran dalam kelas ini.

“Pemkot Sukabumi harus menunggu kesepakatan teknis pembelajaran tatap muka dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). Walapun, Kota Sukabumi sudah diperbolehkan belajar tatap muka,” ujar Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi kepada media siber lintas24.com, Selasa (14 Juli 2020)

Ia menegaskan, pernyataan ini sekaligus mengklarifikasi dari berbagai tanggapan dan pemberitaan di media bahwa Kota Sukabumi mulai melakukan belajar tatap muka pada 13 Jul 2020.

“Intinya masih menunggu arahan selanjutnya dari Kemendikbud dan Pemerintah Provinsi Jawa Barat, khususnya terkait indikator yang masih harus disamakan antara daerah, provinsi dan pusat. Akan tetapi Menteri dan Wapres berkeinginan kuat Kota Sukabumi ingin dijadikan pilot project untuk pelaksanaan belajar tatap muka,” ungkap dia.

Oleh karena itu, lanjut Fahmi, semua sekolah tetap didorong untuk mempersiapkan secara maksimal proses pembelajaran tatap muka. Fahmi menerangkan, Kantor Cabang Dinas (KCD) Dinas Pendidikan Wilayah V Jabar sudah menyampaikan bahwa ada 51 sekolah yang dianggap siap untuk melaksanakan tatap muka.

Terkait penilaian kesiapan itu, ia menjelaskan, sekolah mengajukan usulan ke KCD atau Dinas Pendidikan atau Kemenag. Kemudian, KCD, Dinas Pendidikan, atau Kemenag melakukan verifikasi apakah benar sekolah tersebut layak melakukan kegiatan belajar mengajar.

“Setelah diverifikasi, KCD, Dinas Pendidikan atau Kemenag mengajukan kepada Gugus Tugas tingkat kota untuk minta izin pembelajaran tatap muka. Verifikasi kedua oleh gugus tugas Covid-19 tingkat kota,” ungkapnya.

 

 

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *