by

UPT Dindik Purbalingga Gandeng USAID Prioritas Gelar Diseminasi Pelatihan

-Uncategorized-67 views

usaid

PURBALINGGA – Unit Pelaksana Teknis Dinas Pendidikan (UPT Dindik) Kabupaten Purbalingga menggelar kegiatan Diseminasi Pelatihan dengan mengangkat tema kegiatan Praktik yang Baik Dalam Pembelajaran dan Managemen Berbasis Sekolah (MBS).

Kegiatan yang bekerjasama dengan united States Agency International Development) (Prioritizing Reform, Innovation and Opportunities for Reaching Indonesia’s Teachers, Administrators and Students (USAID Prioritas) diselanggarakan 6-13 Januari 2015 bertempat di SD Negeri 2 Kedungmenjangan Purbalingga.

Kepala UPT Dindik Kecamatan Purbalingga, Tohirin,S.Pd.,M.Pd menjelaskan, kegiatan ini diikuti oleh seluruh Sekolah Dasar (SD) yang ada di wilayah Kecamatan Purbalingga. Masing-masing SD mengirimkan, 4 orang perwakilan yang terdiri dari Kepala SD dan 3 orang guru kelas bawah dan atas.

“Diharapkan dengan pelatihan ini, perwakilan SD yang hadir dapat melaksanakan hasil pelatihan di sekolahnya,”ungkap Tohirin kepada Elemen (7/1).

Tohirin menegaskan, para Kepala Sekolah dan Guru dilatih merencanakan dan mempraktikkan Pembelajaran Aktif, Kreatif Effektif dan Menyenangkan (PAKEM). Selain itu juga dilatih merancangkan perangkat dan media pembelajaran berbiaya murah dan revelan dengan pembelajaran. Perubahan paradigma merupakan awal dari profesionalisme guru.

”Guru profesional harus terus meningkatkan kemampuan dan keterampilan dalam mengelola pembelajaran. Guru tidak cukup membaca metode pembelajaran terbaru, tetapi harus terus dilatih agar mampu mempraktikkannya,” tegas Tohirin.

Pasalnya, program Diseminasi pelatihan praktik dan pembelajaran yang baik merupakan program meningkatkan mutu pendidikan di bidang pembelajaran dan manajemen. Diseminasi pelatihan praktik dan pembelajaran yang baik terdiri atas pelatihan kelompok mata pelajaran dan MBS.

“Pelatihan MBS dimaksudkan agar kepala sekolah memahami manajemen yang tepat untuk dapat mendukung proses pembelajaran yang baik,”ungkapnya.

Sebar Buku Bacaan Berjenjang

Koordinator USAID Prioritas Kabupaten Purbalingga, Ida Laela mengungkapkan, di tahun 2016 ini, USAID Prioritas akan memprioritaskan salah satu program terbarunya, yaitu Program Buku Bacaan Berjenjang (B3) pada kelas awal SD/MI. Berdasarkan hasil penelitian Unesco, minat baca orang Indonesia, hanya 0,01%. Berangkat dari itu, USAID Prioritas merealisasikan program buku bacaan berjenjang, dan mendampingi sekolah yang menerima distribusi buku tersebut.

“Nantinya, akan dibagikan buku bacaan berjenjang kepada 150 SD mitra dan 50 MI mitra di Kecamatan Kemangkon dan Mrebet,”ungkapnya.

Program ini lanjut Laela, didanai oleh USAID bekerja sama dengan Pemerintah Indonesia, dilaksanakan untuk mendukung Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan serta Kementerian Agama dalam meningkatkan akses pendidikan dasar yang bermutu.

“Program ini lebih menekankan pada kelas satu sampai kelas tiga SD/MI, karena disitulah dasar perubahan karakter peserta didik,”ungkapnya.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *