by

Upacara HUT ke-70 TNI Digelar di Atas Air, Warga Disuguhi Lomba Tangkap Bebek

-Uncategorized-50 views

CILACAP Ada suasana lain pada peringatan HUT ke-70 TNI tahun ini. Upacara yang biasanya dilaksanakan di Alun-alun Cilacap, kini digelar di atas air. Persisnya di perairan Pelabuhan Perikanan Samudera Cilacap (PPSC), Senin (5/10).

Yang menarik, ratusan peserta upacara yang terdiri dari para nelayan, Satpol PP, Polres Cilacap, TNI dari Kodim 0703/Cilacap, pelajar, LSM, mahasiswa, dan warga masyarakat dari unsur HNSI dan rukun nelayan. Mereka berdiri di atas 70 perahu nelayan jenis jukung yang berjejer dan berbanjar dua. Sementara tamu undangan mengikuti upacara di dermaga PPSC.

Upacara yang berlangsung di kolam PPSC itu untuk mengingatkan bahwa Cilacap memiliki potensi kemaritiman yang sangat besar dengan berbagai hasil laut yang ada di dalamnya. Potensi tersebut diharapkan mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat Kabupaten Cilacap, seperti diungkapkan Komandan Kodim 0703/Cilacap Letkol Inf Ferry Irawan bahwa digelarnya upacara HUT TNI di atas perahu ini untuk mendukung program pemerintah dalam penguatan poros kemaritiman. Selain itu juga ingin mengembangkan Cilacap yang memiliki poros-poros kemaritiman.

Cilacap memiliki geografis laut dan juga geografis darat. Kita ingin mengangkat masyarakat nelayan dengan melaksanakan upacara di laut. Serta mengajak mereka untuk menjadi peserta upacara, katanya.

Sementara itu, Komandan Lanal Cilacap Kapten Laut (S) Johannes Tambunan mengatakan, HUT TNI ini merupakan momentum spesial bagi TNI. Karena itu di Cilacap yang memiliki potensi laut, melibatkan para nelayan untuk ikut upacara.

Sesuai tema perayaan HUT TNI, bersama rakyat TNI kuat, katanya.

Tema perayaan dalam HUT TNI ini Bersama Rakyat TNI Kuat, Hebat, Profesional. Siap Mewujudkan Indonesia yang Berdaulat, Mandiri, dan Berkepribadian.

Inspektur upacara Bupati Cilacap Tatto Suwarto Pamuji melakukan pemeriksaan pasukan dengan menggunakan kapal, menyusuri perahu-perahu peserta upacara.

Presiden RI Joko Widodo dalam sambutan tertulis yang dibacakan Bupati Cilacap menyampaikan terimakasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada anggota TNI yang dengan penuh kesungguhan bertugas di daerah pedalaman, wilayah perbatasan, wilayah terpencil, pulau-pulau terdepan, para anggota TNI yang bertugas sebagai pasukan pemelihara perdamaian serta TNI yang saat ini bahu-membahu memadamkan api kebakaran hutan dan lahan.

Bahwa dalam darah TNI mengalir jati diri sebagai tentara pejuang, yang memiliki daya juang dan semangat pantang menyerah untuk mewujudkan Indonesia yang berdaulat, mandiri, dan berkepribadian, kata Presiden.

Presiden juga berharap, TNI harus mampu menjaga kedaulatan wilayah NKRI. TNI harus mampu menghadapi para penjarah sumber daya laut dan perikanan Indonesia, serta harus mampu menjaga wilayah perbatasan dan pulau-pulau terdepan.

Bupati juga mengatakan, sektor maritim sekarang sudah dilaksanakan, dan di darat petani bersama TNI juga sudah menjaga ketahanan pangan dengan mendampingi sampai panen.

Usai upacara, para peserta disuguhi sebuah tontonan menarik, yakni lomba menangkap bebek.

Lima ekor bebek dilepas oleh Bupati, Danlanal, Dandim, Wakapolres Cilacap, dan diperebutkan para nelayan yang mengikuti upacara. Kemudian lima orang peserta yang terdiri dari para nelayan berenang mengejar bebek-bebek yang dilepas tersebut.

Lima nelayan dari puluhan yang berenang mengejar bebek itu dan berhasil menangkapnya. Walau ada yang harus mengalami lecet-lecet di kaki dan tangannya.

Para nelayan yang menjadi pemenang lomba dan berhasil menangkap bebek itu yakni , antara Sulva Elfian, Samsul, Rudi, Hendri Sutrisno, dan Jumadi. Mereka mendapatkan bingkisan serta uang dari Bupati Cilacap.

Hendri Sutrisno, nelayan asal Jalan Penyu, Kecamatan Cilacap Selatan mengaku sudah mengincar bebek tersebut. Sehingga walau lengan serta kakinya mengalami luka lecet tidak masalah.

Bebek yang berhasil ditangkap itu dibawa pulang.

Mau disembelih dan dimasak, katanya. (estanto)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *