by

Tol Cipularang Rawan dan Banyak Cerita Mistis

-Uncategorized-95 views

Ada belasan mobil yang terlibat tabrakan beruntun di KM 91 Tol Purbaleunyi (Cipularang) Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat, Senin (2 September 2019) siang. Enam orang meninggal karena terbakar saat kejadian. Petugas melakukan evakuasi kendaraan dan korban yang mengalami kecelakaan tersebut. Bahkan sempat ada korban yang tergeletak di lokasi kejadian.

Setiap kali terjadi kecelakaan di kawasan ini, selalu ada saja pihak yang mengaitkannya dengan cerita mistis di Tol Cipularang. Dikumpulkan dari beberapa referensi rujukan, yakni buku ‘Misteri Tol Cipularang’ yang disusun oleh Tim Pustaka, diceritakan bahwa pada masa awal usai diresmikan pada 12 Juli 2015, jalan Tol Cipularang di KM 91 kerap ambles. Amblesnya sampai sedalam tiga meter. Bahkan tol ini sempat ditutup selama tiga hari.

Semenjak itu, area tol ini sering terjadi kecelakaan. Kecelakaan-kecelakaan inilah, yang menurut warga sekitar, menyebabkan area ini menjadi angker. Bahkan, masih menurut penuturan warga dalam buku tersebut, pihak Jasa Marga pernah menyembelih seekor kerbau sebagai tumbal.

Menurut penuturan salah seorang warga, sosok makhluk halus yang menjadi penunggu di titik rawan KM 91 Cipularang itu H Kamilin. Sosok ini dulunya merupakan sesepuh di kampung setempat yang hidup di masa kolonial Belanda. Kamilin kala itu merupakan orang yang sakti. Sosok inilah yang kadangkala mengganggu di kawasan itu. Konon, H Kamilin hanya bisa dijinakkan jika di kawasan itu dibangun sebuah jembatan.

 

 

 

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *