by

Telkomsel Tata Ulang Frekuensi Internet

-Uncategorized-68 views

Provider selularTelkomsel rampung manta ulang pitafrekuensi (refarming). Jaringan internet di 42 cluster nasional yang mencakup 34 provinsi, mulai Papua, Maluku dan Jawa Timur sudah maksimal. Pentaan ulang  telah menyelesaikan 800 MHz dan 900 MHz, dimulai sejak 25 Februari hingga 1 April 2019.

Direktur Network Telkomsel, Bob Apriawan dalam keterangan tertulis yang diterima cyber media lintas24.com mengatakan, pita frekuensi Telkomsel di 800 – 900 MHz menjadi kontinyu 15 MHz. Dengan demikian, Telkomsel dapat memanfaatkan teknologi LTE 10-15 MHz dan pelanggan menurut Bob dapat menikmati kecepatan internet yang lebih maksimal.

“Proses refarming ini dilakukan di bawah pantauan Kominfo dengan perencanaan, eksekusi dan pemantauan ketat terhadap performansi jaringan Telkomsel. Proses refarming diklaim berjalan lancar tanpa mengalami gangguan yang berarti,”ungkapnya.

Kondisi alokasi final blok Telkomsel dan Indosat di frekuensi 800 MHz dan 900 MHz setelah ditata ulang.Kementerian Komunikasi dan Informatika Kondisi alokasi final blok Telkomsel dan Indosat di frekuensi 800 MHz dan 900 MHz setelah ditata ulang.

Selain itu, refarming juga disebut memberikan efisiensi spektrum yang memungkinkan akselerasi perluasan cakupan layanan LTE hingga 95 persen populasi. Manfaat tersebut juga nantinya diharapkan dapat mendorong pertumbuhan ekonomi.

Sesuai Keputusan Menteri Komunikasi dan Informatika Nomor 29 Tahun 2019, penyelenggara Jaringan Bergerak Seluler wajib melakukan penataan ulang pita frekuensi radio 800 MHz dan 900 MHz yang saat ini terpisah (non-contiguous) menjadi berdampingan (contiguous).

Dengan demikian, setiap penyelenggara jaringan bergerak selular memiliki keleluasaan dalam pemanfaatan pita frekuensi sesuai dengan teknologi, dan pengkanalan yang paling sesuai dengan kondisi trafik layanan selulernya pada suatu area tertentu.

 

 

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *