by

Teater Gerbang Pusaka Gelar Workshop Keaktoran

-Uncategorized-44 views

IMG-20160417-WA0029

KUTASARI –¬† Ekstrakurikuler Teater remaja Gerbang Pusaka (TRGP) SMK 1 Kutasari mengadakan workshop teater yang diikuti anggotanya kelas X dan XI pada Sabtu-Minggu tanggal 16-17 April 2016 di sekolah setempat. Menghadirkan pembicara¬† yaitu Ryan Rachman (wartawan Suara Merdeka dan pegiat teater Purbalingga) memberi materi pengetahuan dasar teater dan manajemen produksi, Imam ‘Pelok’ Mustaqim (Teater Didik IAIN Purwokerto) memberi materi artistik, Agustav Triono (Ketua Komunitas Teater dan Satra Perwira Katasapa Purbalingga) memberi materi penulisan naskah drama dan Wage Teguh Wijono (pegiat teater Purwokerto) memberi materi keaktoran.

Ryan Rachman dalam materinya menyampaikan, banyak anggota sebuah kelompok teater yang hanya ikut-ikutan saja, sekali naik panggung lalu merasa dirinya sudah menjadi seorang seniman namun tidak lagi mau berlatih dan berkarya alias hanya mencatatkan namanya saja sebagai anggota teater.

Pemateri Agustav Triono mengatakan, penggalian ide pembuatan naskah bisa didapat dari lingkungan sekitar atau bisa juga dari pengalaman pribadi, jangan dituangkan apa adanya namun diimajinasikan dan dikembangkan.atau bisa juga ditampilkan dari sudut pandang berbeda.

Sedangkan pemateri Wage Teguh Wijono mengungkapkan, seorang aktor harus bisa mengembangkan naskah dengan gestur, vokal,dan ekspresi dengan potensi dirinya. Adapun pemateri Imam ‘Pelok’Mustaqim menyampaikan materi seting panggung, tata rias, tata busana dan artistik harus disesuaikan dengan cerita yang dibawakan.

Di akhir acara peserta menampilkan pementasan kecil dari hasil workshop. Pingky Unis Wardani selaku pembina ekstrakurikuler TRGP mengungkapkan bahwa tujuan workshop untuk untuk memberi bekal ilmu ke teater an dari beberapa nara sumber yang nantinya bisa diterapkan.

Salah satu peserta, M Ikhsan mengaku, dengan ikut workshop tersebut, pengetahuan teaternya jadi bertambah. Dalam waktu dekat ini para peserta workshop akan dilantik menjadi anggota tetap TRGP dan melakukan pementasan drama sebagai salah satu program kerja ekstrakurikuler tersebut.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *