by

Soerjadi Mantan Ketua Umum PDI Meninggal Dunia

-Uncategorized-61 views

sorjadi

Mantan Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Soerjadi wafat pada usia 77 tahun, Sabtu (4 Mei 2016) sekitar pukul 09.20 WIB.

Pria kelahiran Selur, Ngrayun, Ponorogo, Jawa Timur, 13 April 1939 wafat saat dirawat di Rumah Sakit Pusat Pertamina (RSPP) Jakarta.

Rima Suryandari, putri pertama mantan Ketua Partai Demokrasi Indonesia Soerjadi menjelaskan, almarhum akan dikebumikan di Tempat Pemakaman Umum Tanah Kusir, Jakarta Selatan.

“Bapak ingin dekat sama ibu, dan tidak bisa kalau di Kalibata. Jadi bapak menyerahkan saja kepada anak-anaknya dan kami bertiga memutuskan di Tanah Kusir. Relatif dekat dari rumah,” kata Rima di rumahnya, di Jalan Grinting II, Jakarta Selatan.

Rima menyebutkan Bapakya bisa dimakamkan di Taman Makam Pahlawan Kalibata, Jakarta Selatan, karena pernah menerima tanda kehormatan dari negara. Namun seandainya dimakamkan di TMP Kalibata, katanya, Bapakya tidak dapat dimakamkan di dekat sang istri kelak.

Rima tidak mendapatkan Firasat menjelang kematian ayahnya. Namun sejak Kamis, 2 Juni 2016, pada siang hari, Rima mengatakan Soerjadi sudah sulit diajak berkomunikasi. “Kami rasa sudah waktunya. Beliau sempat diberi alat bantu pernapasan,” kata Rima.

Politikus Sejati

Selain pernah memimpin PDI pada 1988-1993, Soerjadi juga pernah menjabat sebagai Wakil Ketua MPR dan Ketua Umum Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI). Dunia percaturan politik di Indonesia mencatat Soerjadi dalam membesarkan PDI. Pa mengajak Guruh Sukarno Putra dan Megawati Soekarnoputri menjadi pengurus partai dan ikut dicalonkan menjadi anggota DPR/MPR.

Hasilnya, Mega dan Guruh terpilih menjadi anggota DPR/MPR dan perolehan kursi PDI di DPR pun naik dari 24 kursi (1981) menjadi 40 kursi pada Pemilu 1987, dan menjadi 56 kursi tahun 1992.

Soerjadi membuka jalan bagi putra-putri Bung Karno untuk berkiprah dalam politik praktis yang kala itu (era Orde Baru) ditabukan pemerintah.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *