by

SMP Negeri 3 Bukateja Budayakan Bersepeda ke Sekolah, 635 Siswa Ikuti Gebyar Sepeda Santai

-Uncategorized-64 views

Membudayakan bersepeda ke sekolah menjadi satu bentuk kepedulian sebanyak 635 siswa SMP Negeri 3 Bukateja terhadap lingkungan sekitar.

Baca Juga : Sepeda Bambu, Teman Setia Ngadino

“Bersepeda itu ramah lingkungan dan tidak menimbulkan polusi udara, Kami memang melarang siswa siswi di sini untuk menggunakan sepeda motor ke sekolah, karena dalam aturan lalu lintas pun anak di bawah usia 17 tahun tidak diperbolehkan membawa motor,” ungkap Kepala SMP Negeri 3 Bukateja, Aris Budiman saat Apel Persiapan Gebyar Sepeda Santai di lapangan sekolah setempat, Jumat (16 Agustus 2019).

Baca Juga : Teguh Pratomo – Setiap Hari Genjot Sepeda Bambu Ke Kantor

Menurut Aris, Gebyar Sepeda Santai yang diselenggarakan pihak sekolah merupakan acara puncak dari rangkaian kegiatan HUT RI ke 74 Tahun 2019 dan HUT SMPN 3 Bukateja ke 28. HUT SMPN 3 Bukateja sendiri jatuh pada tanggal 21 Juli 2019, namun pada peringatannya disemarakkan bersamaan dengan rangkaian HUT RI.

Baca Juga : Aksi Keren Aiptu Siswanto. Menolong Gadis Kecil Memasang Rantai Sepeda

“Jadi acara ini merupakan puncak acara dari HUT sekolah dan HUT RI yang digabungkan agar lebih semarak,” jelas Aris.

Baca Juga : Grand Fondo New York Tawari Jateng Jadi Tuan Rumah Balap Sepeda Dunia

Wakil Kepala SMPN 3 Bukateja, Heri Setiawan mengatakan, untuk budaya bersepeda ke sekolah menjadi hal yang sangat bagus. Hal ini dikarenakan bersepeda itu ramah lingkungan terlebih SMPN 3 Bukateja merupakan sekolah adiwiyata tingkat nasional sejak tahun 2016.

Baca Juga : Peringatan hari kartini di SMP Negeri 3 Bukateja – Kaum Hawa Menjadi Petugas Upacara

“Itu tentu berorientasi pada lingkungan, dengan sekolah yang rindang kita upayakan untuk mengurangi polusi,” kata Heri.

Kemudian secara kesehatan dengan bersepeda, anak-anak SMPN 3 Bukateja akan lebih sehat. SMPN 3 Bukateja pun pada kurikulumnya siswa SMPN 3 Bukateja dilarang membawa sepeda motor, gawai dan sebagainya.

“Oleh karena itu, kita menekankan kepada siswa siswi kita untuk bersepeda atau bahkan berjalan kaki bagi mereka yang rumahnya dekat, untuk siswa yang rumahnya jauh bisa menggunakan transportasi umum,” terangnya.

Terlebih dalam visi misi SMPN 3 Bukateja mencakup tentang wawasan lingkungan, hal ini yang menjadi satu keunggulan dari SMPN 3 Bukateja. Dan ini memang SMPN 3 Bukateja mengedepankan wawasan wiyata mandala untuk kegiatan pembelajaran anak.

“Jadi menggunakan lingkungan untuk pembelajaran di luar ruangan yang nyaman, rindang dan menyenangkan,” ujar Heri.

Terakhir, selain Gebyar Sepeda Santai sebelumnya telah dilaksanakan berbagai perlombaan untuk menyemarakkan HUT SMPN 3 Bukateja ke 28 dan HUT RI ke 74. Diantaranya lomba renang, lomba paduan suara, lomba menyanyi tunggal putra dan putri, lomba olahraga dan lomba kreativitas anak.

“Untuk lomba kreativitas anak berupa merangkai bunga kemudian ada membuat kolase dari barang bekas untuk kita tampilkan juga ketika karnaval di tingkat kecamatan, untuk guru juga ada lomba namun sifatnya hiburan ada nyunggi tampah, estafet kelereng untuk hiburan,” pungkasnya

 

 

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *