by

SMP Negeri 2 Kalimanah Luncurkan Program Serdadu Sahabat Siswa

-Uncategorized-63 views

MPLS Gandeng Koramil Kalimanah

DSC_2678

Sebanyak 287 orang siswa baru SMP Negeri 2 Kalimanah mengikuti Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) Tahun Pelajaran 2016/2017. MPLS digelar Senin-Rabu (18-20 Juli 2016) di SMP Negeri 2 Purbalingga.

Wakil Ketua Panita MPLS, Mustajab S.Pd menjelaskan, peserta MPLS mendapat materi berupa tata tertib sekolah dan AKPS teknik diskusi, Undang-undang Lalu Lintas, cara belajar yang benar, tata karma dan etika siswa, penilaian raport dan kurikulum, pengenalan OSIS, kerohanian/ tadharus dan Pendidikan Bela Negara.

DSC_2671

“MPLS bagi siswa baru ini bersifat edukatif bukan perploncoan. Karena itu, siswa baru diharuskan memakai seragam dan atribut resmi sekolah dan dilarang diberi tugas dan menggunakan atribut yang tidak relevan dengan tujuan kegiatan pengenalan ini. ,”ungkap Mustajab kepada elemen dan lintas24.com, Selasa (19 Juli 2016).

Kepala SMP Negeri 2 Kalimanah, Aman Musthofan, S.Pd.,M,Pd menambahkan, untuk materi Pendidikan Bela Negara, kami meluncurkan program Serdadu Sahabat Siswa (S3). Artinya program ini melibatkan anggota TNI dalam hal ini Koramil Kalimanah. Anggota Koramil memberikan materi Wawasan Kebangsaan, Bela Negara kedisiplinan serta melatih baris berbaris yang benar.

DSC_2672

Ada lima tujuan yang hendak dicapai dengan kegiatan MPLS. Pertama, mengenali potensi diri siswa baru. Kedua,membantu siswa beradaptasi dengan lingkungan sekolah dan sekitarnya.  Ketiga, menumbuhkan  motivasi, semangat,  dan cara belajar  efektif sebagai siswa  baru. Keempat, mengembangkan interaksi positif antarsiswa dan warga sekolah lainnya.

“Dan, kelima, menumbuhkan perilaku positif untuk membantu para siswa memiliki etos kerja  dan semangat gotong royong pada diri siswa,”ungkapnya.(yoga tri cahyono)

 

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *