by

SMK Negeri 1 Bojongsari Dukung Pelaku Desa Wisata

-Uncategorized-84 views

kadinbudparpora melihat pelatihan internet

Pelatihan internet untuk promosi wisata digelar Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olah Raga (Dinbudparpora) bekerjasama dengan SMKN 1 Bojongsari Purbalingga, Rabu (27/4).

Kepala Dinbudparpora, Drs Subeno, SE, M.Si menjelaskan, Dinbudparpora terus meningkatkan pelaku wisata dengan berbagai ketrampilan, termasuk komputer. SMKN 1 Bojongsari dipilih karena memiliki prasarana komputer yang lengkap. Setiap peserta satu komputer, sehingga semuanya diwajibkan bisa menggunakannya.

“Pelatihan dan peningkatan sumberdaya manusia pengelola desa wisata kami anggap sangat penting, karena dengan SDM yang mumpuni dan handal serta tahan banting, maka desa wisata itu niscaya akan maju,” tambah Subeno kepada lintas24.com dan elemen disela-sela kegiatan pelatihan di SMK Negeri 1 Bojongasari.

Kepala Bidang Pariwisata, Ir Prayitno, M.Si mengatakan, pelatihan diikuti 60 orang dari 13 desa wisata dan Pokdarwis. Peserta pelatihan sebagian besar dari kalangan anak-anak muda yang menjadi penggerak kemajuan desa wisata.

“Materi pelatihan terdiri pembuatan blog atau website untuk promosi, media sosial sebagai sarana promosi wisata, dan teknik promosi melalui internet,”ungkapnya.

Selain pelatihan internet lanjut Prayitno, Dinbudparpora telah menggelar pelatihan pemandu wisata, dan manajemen pengelolaan desa wisata. Pada tahap selanjutnya akan digelar pelatihan pengelolaan homestay, kuliner ala desa, pelatihan pembuatan souvenir,  pelatihan motivasi membangun desa wisata, dan kegiatan studi banding ke desa wisata lain yang dinilai sudah lebih maju.

Hal senada juga disampaikan oleh Sugito, pengurus Pokdarwis Pesona Linggamas Desa Kedungbenda, Kemangkon. “Selama ini saya hanya bisa menggunakan komputer untuk mengetik biasa. Namun dengan pelatihan ini, ternyata kami menjadi terbuka untuk mempromosikan desa wisata kami ke dunia yang lebih luas,” ujar Sugito yang juga perangkat desa setempat.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *