by

Siswa SMP St. Borromeus Kunjungi Philipina

-Uncategorized-74 views

smp bm ke manila

PURBALINGGA–Untuk menambah wawasan dan pengetahuan, sebanyak enam siswa-siswi SMP St (Santo) Borromeus Purbalingga dengan didampingi seorang guru dan seorang biarawati mengikuti kunjungan pendidikan dan wisata ke Manila, Philipina, selama enam hari, Kamis (24/9) hingga Rabu (30/9). Keberangkatan mereka dilepas kepala sekolah setempat, Agustinus Yulianto, S.Pd, dihadiri para orang tua siswa, di halaman sekolah setempat, kemarin.

“Kami berharap, kunjungan ke Philipina ini bisa semakin memperkokoh kerjasama SMP Santo Borromeus Purbalingga dengan sekolah-sekolah di luar negeri, diantaranya Philipina,” harap Kepala SMP St Borromeus Purbalingga, Agustinus Yulianto.

Saat ini, ujar Agustinus Yulianto, para guru SMP Santo Borromeus dan Yayasan Santa Maria yang mengelola SMP St. Borromeus Purbalingga terus bekerja keras agar sekolah ini menjadi sekolah favorit dan berkualitas. Ini terbukti, dalam setiap perolehan nilai Ujian nasional (UN), SMP St Borromeus selalu masuk 10 besar. Di sisi lain, berbagai prestasi sering diraih sekolah ini.

Dibekali Bahasa Inggris

Adapun keenam siswa yang berangkat ke Philipina itu Prasandi Pinasthiko dari Klas 8, dan lima lainnya dari Klas 9 terdiri Yuta Tri Waskita, Veronica Putriana, Bernadeta Karunia Dwi Oktama, Regina Ameylia, dan Maria Antonieta. Sebelum berangkat , selama kurang lebih enam bulan mereka dibekali dengan keterampilan berbahasa Inggris yang memadai.

Keenam siswa itu, didampingi seorang guru senior Bahasa Inggris, FS Ari Broto, M.Pd sebagai pimpinan rombongan, dan Sr. M Etha, SND selaku pimpinan Yayasan Santa Maria, yang mengelola SMP Santo Borromeus.

Menurut FS Ari Broto, selama di Philipina, para siswa akan belajar bahasa dan budaya negara Philipina. Diantaranya melakukan talk show dan wawancara menggunakan Bahasa Inggris dengan Direktur Pendidikan para Novis (calon suster) di Stella Maris Retreat Center, dan kegiatan kebahasaan dengan Queson City Language Center serta Santo Thomas University.Juga melakukan liputan jurnalistik di Manila Cathedral, San Agustin, Fort Santiago dan National Art Museum.

Selain melakukan kunjungan pendidikan, lanjut Ari Broto, para siswa juga melakukan kunjungan wisata diantaranya ke Intramuros, Manila Cathedral, Casa Museum,China Town,Fort Santiago, Saint Agustin Church, Binondo Church, Malate Churc, Mount Samat Museum, St. Joseph Catedral, Phil-Jap Friendship Tower dan Anvaya Beach.

“Sepulang dari kunjungan ke Philipina, mereka kami tugasi membuat laporan dalam dua bahasa, yakni Inggris dan Indonesia untuk dipublikasikan ke media,” ujar FS Ari Broto yang sudah beberapa kali berkunjung ke Philipina.(prasetyo)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *