by

Sebanyak 35.000 Orang Meriahkan Pawai Ta’aruf Ramadhan

-Uncategorized-59 views

13319860_1039108032825431_7669575213169783857_n

 

Sebanyak 35.000 peserta dari satuan pendidikan setingkat SD/MI hingga SLTA/MA, pondok pesantren dan Taman Pendidikan Al Qur’an (TPQ) mengikuti Pawai Ta’aruf. Mereka menyusuri jalanan kota Purbalingga dalam rangka menyambut datangnya bulan Ramadhan 1437 Hijriah.

Ketua Panitia, Tri Gunawan menjelaskan sebelumnya Bupati memberikan target diikuti sekira 15.000 pesert. Namun ternyata antusias warga sangat tinggi hingga pada saat pelaksanaan pesertanya mencapai 35.800 personel. Jumlah kelompok yang terdaftar sebanyak 689 kelompok.

“Kami berterimakasih kepada seluruh peserta dan semua yang terlibat dalam dua kegiatan ini. Karena ini akan menjadi agenda rutin tahunan, harapannya tahun depan dapat lebih semarak dan berkualitas,” katanya.

Menurut Bupati Purbalingga Tasdi, ada tiga tujuan dimeriahkannya momen keagamaan seperti saat menjelang puasa kali ini. Yang pertama untuk membangun spiritualitas, agar rakyat Purbalingga dalam menyambut puasa Ramadhan tergerak untuk lebih meningkatkan ketaqwaannya kepada Allah Subhannahu Wa Ta’alaa.

Kemudian membangun rasa sosial atau habluminannas dimana melalui kegiatan pengajian dan pawai ta’aruf  terjalin rasa solidaritas, kebersamaan dan kerukunan antar umat beragama. Yang ketiga adalah membangun kultur atau budaya, agar kita terbiasa setiap menjelang bulan Ramadhan diawali dengan menggemakan syiar Islam.

“Kegiatan ini juga untuk menyemangati kita semua, agar seluruh ormas Islam bersatu dan kompak dalam kegiatan syiar Islam. Juga membangun toleransi dengan penganut agama lain. Harapanya selama puasa Ramadhan ini aman dan kondusif,” jelasnya.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *