by

Satlantas Polres Purbalingga Berikan Binluh Kepada Ibu-ibu PKK

-Uncategorized-50 views

Pengendara kendaraan bermotor dijalan raya wajib mentaati peraturan lalu lintas. Namun disayangkan, banyak pengendara yang belum mengetahui bagaimana cara mengendarai kendaraan dengan aman untuk dirinya dan pengguna lain. Kebanyakan, para pengendara mementingkan dirinya sendiri dan tanpa mengetahui kemungkinan bisa mencelakai orang lain.

Hal itu disampaikan Bripka Desi Mutiara Putri dan Bripda Nida Aulia Pradita anggota Unit Pendidikan dan Rekayasa (Dikyasa) Satlantas Polres Purbalingga dalam acara Pembinaan dan Penyuluhan (Binluh) PKK RT 04 RW 09 Kelurahan Purbalingga Wetan, Minggu sore (7 April 2019).

“Sering dijumpai, ibu-ibu lalai mematikan lampu sein. Lampu seni menyala kekiri, beloknya malah kanan,”ungkap Bripka Desi Mutiara Putri.

Kelalaian ini lanjut Bripka Desi Mutiara Putri, bisa mengakibatkan kesalahpahaman pengendara bermotor dibelakangnya, dan dapat menimbulkan kecelakaan lalu lintas.

“Pengendara dibelakang pasti bingung ya Ibu-Ibu. Fatal akibatnya, Ibu-ibu bisa tertabrak dari belakang saat berbelok. Jadi, selama berkendara Ibu-ibu harus berkonsentrasi penuh,”ungkapnya

Ia menambahkan, selain konsentrasi penuh dalam berkendara, kelengkapan kendaraan juga harus selalu diperhatikan. Misalnya, spion harus dipasang kanan-kiri, lampu depan, lempu sein dan lampu rem harus dalam normal, klakson harus bisa dibunyikan.

“Pastikan punya SIM sebelum mengendari kendaraan dijalan raya, STNK jangan lupa dibawa. Menggunakan helm SNI baik untuk pengendara maupun penumpang yang diboceng,”pesan Bripka Desi Mutiara Putri

Dia berharap, dengan adanya sosialisasi ini, seluruh pengguna jalan dapat mentaati peraturan lalulintas demi terciptanya tertib berlalulintas dan keselamatan berkendara di jalan raya.

“Perlu ditanamkan didalam hati, berkendara di jalan raya harus santun dan menghargai kepada sesama pengguna jalan. Harapannya, untuk memperkecil angka kecelakaan yang terjadi selama ini. Kewaspadaan dan kesabaran juga faktor yang sangat penting dalam berkendara. Lengkapi surat-surat kendaraan sesuai peruntukannya,”pesan Bripka Desi Mutiara Putri .

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *