by

Saknan Kernet Truk Dibekuk Polisi Gara-gara Curi Muatan Belasan Karung Jagung

-Uncategorized-86 views

Saknan, 43 tahun, seorang kernet truk di Kota Tegal dibekuk jajaran Unit Reskrim Polsek Tegal Barat, Senin (2/9). Dia ditangkap karena diam-diam telah menggasak muatan truk yang berisi jagung sebanyak 14 karung.

Kapolres Tegal Kota, AKBP Siti Rondhijah menuturkan,  polisi berhasil membekuk Saknan dan Tohir merupakan warga Pesurungan Kidul, Kecamatan Tegal Barat, Kota Tegal. Mereka kini harus mempertanggungjawabkan perbuatannya. Atas kasus ini, pelaku dijerat pasal 363 KUHP tentang pencurian dengan pemberatan. Ancaman hukumannya maksimal 7 tahun penjara

Selain menangkap 2 pelaku, polisi juga mengamankan barang bukti berupa 14 karung jagung, 1 unit truk gandeng merk Hino warna putih Nopol G 1759 AE, 1 unit Grand Max dengan nomor polisi G 1750 SE.

“Dia tidak sendirian. Dia dibantu temannya Tohir, 35 tahun, untuk mengangkut muatan jagung dari truk ke mobil,” jelasnya.

Kejadian berawal dari, Sobirin, 62 tahun, sopir truk, melaporkan kejadian tersebut ke polisi. Sebelumnya, Sobirin sudah curiga karena dalam 2 bulan terakhir ini, isi muatan selalu berkurang. Dia pun selalu mendapat teguran dari atasannya.

“Saya selalu ditegur sama perusahaan, kenapa laporan sama isinya selalu berkurang. Saya curiga. Karena sering menitipkan ke kernet saya saat parkir di Jalingkut (Jalan Lingkar Utara) Kota Tegal,” katanya, Selasa (3 September 2019).

Setelah mendapatkan laporan dari Sobirin, polisi langsung turun ke lapangan untuk menyelidiki kasus ini. Lalu, dirancanglah skenario untuk membuktikan laporan Sobirin.

Pada Minggu malam (1 September 2019), seperti biasa Sobirin menitipkan kendaraan kernetnya. Sementara dia berpura-pura pulang ke rumahnya di Larangan, Kramat, Kabupaten Tegal.

“Barang itu rencananya mau saya kirim dari Pekalongan ke Cirebon,” kata Sobirin.

Setelah diselidiki, pada Senin dinihari, truk ternyata sudah bergeser dari Jalingkut ke Pelabuhan Kota Tegal. Di sana, ternyata Saknan mengeluarkan belasan sak muatan jagung.

 

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *