by

Resik-resik Pantai untuk Tumbuhkan Budaya Bersih

-Uncategorized-49 views

CILACAP Untuk mengatasi sampah-sampah yang berserakan di Pantai Teluk Penyu yang menjadi salah satu andalan wisata Kabupaten Cilacap, BPBD Cilacap menggelar kegiatan resik-resik pantai, Jumat (9/10) pagi.

Destinasi wisata favorit di Cilacap itu saban hari memang tidak pernah lepas dari sampah. Di pagi hari saja, banyak terdapat sampah yang berceceran di sepanjang pantai. Disamping ulah wisatawan yang kurang menjaga kebersihan, sampah-sampah yang berserakan juga dikarenakan dari laut. Padahal, di lokasi tersebut sudah disediakan banyak tempat sampah.

Namun, kesadaran dalam menjaga kebersihan obyek wisata masih belum membudaya dengan baik.

Sebab itu, BPBD Cilacap mengadakan aksi resik-resik pantai tersebut, dan diikuti seluruh karyawan SKPD di lingkungan Pemkab Cilacap, Polres Cilacap, Kodim 0703/Cilacap, PT Pertamina (Persero) RU IV Cilacap, KNPI, swasta, dan masyarakat setempat.

Kepala Pelaksana Harian BPBD Cilacap Tri Komara Sidhy Wijayanto mengatakan, diharapkan dengan kegiatan resik-resik pantai ini akan menumbuhkan budaya bersih, khususnya di lokasi wisata yang menjadi tanggung jawab bersama.

Hadir dalam kesempatan itu Bupati Cilacap Tatto Suwarto Pamuji dan Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Cilacap Indar Yuli Nyataningrum.

Kegiatan tersebut nampak cukup kompak. Terbukti, hanya dalam waktu singkat sampah-sampah yang berserak sebelumnya sudah hilang.

Sejumlah kendaraan sampah dan gerobak berlalu-lalang mengangkut sampah-sampah dari pantai, kemudian diangkut ke TPA. (estanto)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *