by

Ratusan Buruh Kongres Aliansi Serikat Buruh Indonesia Brebes Gelar Aksi Unjuk Rasa

-Uncategorized-48 views

Kongres Aliansi Serikat Buruh Indonesia (Kasbi) Kabupaten Brebes menerjurkan ratusan buruh dalam aksi unjuk rasa. Aksi para buruh dalam rangka menyambut Hari Buruh Internaisonal yang jatuh tiap 1 Mei,  digelar di jalur Pantura Brebes hingga berorasi di depan kantor bupati dan kantor DPRD setempat, Rabu (1/5).

Dalam aksinya, para buruh membawa sejumlah spanduk besar dan bendera. Pada spanduk tersebut dituliskan “May Day, Tolak PHK, upah murah, stop intimidasi buruh perempuan, hapus sistem kerja kontrak dan outsourcing serta buruh Brebes susah”.  Berbagai tulisan dalam bentuk protes  dan tuntutan juga mereka suarakan di spanduk.

Koordinator Aksi Unjuk Rasa, Bambang Suhenda mengatakan, poin tuntutan dalam demo kali ini, yakni  mendesak pemerintah meningkatkan pelayanan dan manfaat BPJS, revisi PP Nomor 78 Tahun 2015 tentang Pengupahan, menegakkan hukum ketenagakerjaan secara konsisten, dan memperbaiki perundang-undangan terkait ketenagakerjaan.

Sebelum memulai demo, orator yang berdiri di atas mobil orasi sempat menyeruakan agar para buruh menggelar aksi dengan damai, dan tidak terprovokasi oleh pihak manapun. Dalam aksi itu, aparat kepolisian disiagakan untuk melakukan tugas pengamanan.

“Ini adalah aksi damai, jika kalian melihat orang-orang yang tidak kalian kenal dalam barisan laporkan,” lanjut Bambang Suhenda dalam orasinya.

Pada saat itu pula, terlihat beberapa pihak kepolisian mengatur jalannya lalu lintas yang masih bisa dilewati oleh beberapa kendaraan umum dan pribadi yang lalu lalang di jalur pantura. Bambang menegaskan, pada  prinsipnya upah buruh di Brebes sangat rendah, dan juga masih banyak ditemukan intimidasi kepada buruh perempuan.

“Sudah seharusnya pemerintah harus hadir membantu kami,” tandas Bambang.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *