by

R Ruli Adi, Direktur Utama Kawasan Industri Medan Tidak Ada Gunanya Miliki Kecerdasan Tanpa Moral yang Baik

-Uncategorized-114 views

 

13474126_1076496925729772_925589244_n

 

R Ruli Adi, Direktur Utama Kawasan Industri Medan memberikan inspirasi dihadapan sejumlah  siswa SMP 1 Purbalingga dalam kegiatan bertajuk: BUMN Mengajar, Senin (13 Juni 2016) di sekolahan itu.

Alumni SMP Negeri 1 Purbalingga tahun 1983  ini mengungkapkan, kegiatan ini bukan memberi khutbah atau mempresentasikan thesis, tetapi memberi motivasi. Program ini juga bukan untuk mengajar matematika atau IPA, tapi memberikan motivasi agar siswa-siswa bisa mempunyai harapan dan cita-cita tinggi.

“Yang hilang di kelas sekarang adalah inspirasi. Jadi saya sampaikan motivasi supaya siswa bisa bermimpi dan mengejar impiannya,” tegas Ruli

Ruli Adi yang juga putra asli Purbalingga kelahiran 25 Februari 1968 mengajak para siswa untuk jangan lupa belajar berorganisasi. Karena dengan berorganisasi mereka belajar bersosialisasi dengan orang lain. Hal itu juga sangat berguna saat memasuki dunia kerja.

“Saya akan mengutamakan mereka yang pernah ikut organisasi di sekolah. Dalam mencari karyawan saya memilih mereka yang mempunyai kemampuan organisasi daripada murni menguasai ilmu akademik saja. Namun tentu saya lebih suka apabila seorang memiliki nilai akademik yang bagus sekaligus pintar berorganisasi,” lanjut kakak Bambang Irawan Ketua Komisi III DPRD Kabupaten Purbalingga.

Ruli juga menegaskan, hendaknya orang tua tidak perlu mendikte pendidikan anak. Biarkan anak bersekolah dan memilih minat serta bakat yang sesuai dengan potensi ada pada dirinya. Saat ini bukan saatnya orang tua mengatur terlalu kaku.

“Tidak ada gunanya siswa memiliki kecerdasan di berbagai disiplin ilmu, apabila moralnya tidak baik,”ungkap Ruli.

Pasalnya, saat bangku sekolah seorang siswa harus bisa menjadi anak yang pandai dan menguasai berbagai pelajaran. Namun pendidikan mengenai moral jangan sampai dilupakan. Moral yang baik akan menjadi modal bagi generasi muda untuk masuk ke dunia kerja.

”Utamakan pendidikan moral, walaupun  saya sangat senang apabila adik-adik menguasai pelajaran. Saya minta, pendidikan moral jangan sampai dilupakan apalagi hilang,” ungkapnya.

Kepala SMP 1 Purbalingga Sutrisno mengatakan pihaknya merasa bangga dengan kehadiran alumni yang juga memberikan motivasi kepada adik kelasnya. Pasalnya, Seseorang yang memiliki motivasi yang tinggi maka dia akan berusaha untuk melakukan yang terbaik, memiliki kepercayaan diri akan kemampuannya untuk bekerja mandiri dan bersikap optimis, juga akan memiliki tanggung jawab yang besar atas setiap tindakan atau perbuatan yang dilakukannya.

“Diharapkan, adik-adik kelasnya Mas Ruli akan memiliki motivasi berprestasi yang tinggi sehingga akan lebih berhasil dalam menjalankan semua beban tugas yang diberikan kapadanya,”ungkap Sutrisno.

Acara tersebut juga dihadiri oleh alumni pengajar dan guru SMP 1 Purbalingga serta sejumlah tamu undangan. Diantaranya, Ketua Komisi III DPRD Purbalingga Bambang Irawan dan Plt Sekda Purbalingga Susilo Utomo. (Muhammad noor)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *