by

Puncak Arus Mudik Diprediksi Tanggal 31 Mei 2019. Jumlah Kendaraan Naik 30 Persen

-Uncategorized-70 views

Volume kendaraan pada musim mudik 2019 diprediksi bakal meningkat dari tahun sebelumnya. Koprs Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri memperkirakan setidaknya akan ada kenaikan jumlah pemudik sekitar 20-30 persen.

Kepala Koprs Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri Inspektur Jenderal Refdi Andri saat melakukan survei jalur pantai utara (Pantura) mengungkapkan, libur hari raya Idul Fitri ini lebih pendek ketimbang tahun lalu. Puncak arus mudik diprediksi setidaknya akan terjadi di antara 31 Mei dan awal Juni. Untuk persiapan itu, Polisi bersama Kementerian Perhubungan (Kemenhub) sudah melakukan pengecekan area istirahat (rest area), kantong parkir, hingga fasilitas kesehatan. Menurutnya, instrumen tersebut menjadi bagian vital persiapan menghadapi arus mudik tahun ini.

“Kalau melihat waktu-waktu yang lalu, itu tiga hari sebelum hari H, dua hari sebelum hari H. Jadi estimasinya di 2019 ini, puncak itu akan ada di 31 Mei, 1 dan 2 Juni,” kata dia.

Tahun lalu jumlah pemudik di musim libur hari raya Idul Fitri diperkirakan mencapai 19,5 juta orang. Angka itu naik dari jumlah pemudik pada 2017 yang berkisar di angka 18,6 juta orang.

Dalam survei guna menghadapi arus mudik ini, Refdi beserta jajaran terkait mengecek kesiapan jalur Pantura. Rute pengecekan akan melalui jalur di sepanjang Bekasi, Cirebon, Brebes, Purwokerto, Banjar, Tasikmalaya, Bandung, dan kembali ke Jakarta.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *