by

Puluhan Baliho Peringatan Dipasang Di Titik Rawan Kecelakaan

-Uncategorized-87 views

DSC_1478

Polres Purbalingga memasang puluhan baliho dan spanduk peringatan di sepanjang ruas jalan rawan kecelakaan. Adapun black spot kecelakaan di ruas jalan raya Bayeman, Desa Tlahab Lor, Kecamatan Karangreja, akhir pekan lalu.

Kasatlantas Polres Purbalingga Iptu Riyatnadi mengatakan, ruas jalan Bayeman memang menjadi fokus utama perhatian Polres Purbalingga saat arus mudik-balik lebaran. Sebab lokasi tersebut paling banyak terjadi kecelakaan tiap tahunnya.

“Kondisi medan yang berkelok penuh tikungan. Dari arah Pemalang di perbatasan jalan terus turun hingga berkilo meter. Hal ini juga bisa membuat rem mudah terbakar dan aus yang mengakibatkan rem blong. Pemudik yang kecelakaan di sini juga karena tidak hafal medan,” katanya didampingi Kanit Dikyasa Ipda Hartoko.

Selain itu, di ruas jalan ini juga terdapat titik-titik lokasi rawan longsor. Oleh karena itu spanduk dan baliho peringatan agar pemudik yang melintas jalan ini lebih hati-hati. Spanduk bertuliskan ‘awas lincin’, ‘gunakan gigi rendah’, ‘awas rawan longsor’, ‘rawan kecelakaan’ dan lain-lain.

Menurutnya, jalan tersebut akan ramai dilewati oleh pemudik. Sebab jalan itu merupakan jalur utama dari jalur pantura (Pemalang) ke jalur selatan (Banyumas) melalui Purbalingga atau ke jalur tengah (Banjarnegar, Wonosobo, Temanggung, Magelang).

Polres Purbalingga terus bersiap menghadapi Operasi Ramadaniya 2016 yang akan dimulai H-7 lebaran hingga H+7. Operasi kemanusiaan ini menitikberatkan pada keselamatan masyarakat yang mudik lebaran menuju kampung halaman.

Kapolres Purbalingga AKBP Agus Setiawan Heru Purnomo mengatakan, pihaknya juga menginstruksikan agar Polsek jajaran yang berada di jalur mudik untuk membukan rest area. Paling tidak ada tujuh polsek di jalur itu yaitu Polsek Karangreja, Polsek Bobotsari, Polsek Mrebet, Polsek Bojongsari ,Polsek Kalimanah, Polsek Purbalingga dan Polsek Bukateja. (H82)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *