by

Prabowo : Soal Rohingya, Indonesia Harus Menghentikan Adanya Pelanggaran HAM yang Luar Biasa

-Uncategorized-105 views

Calon presiden nomor urut 2, Prabowo Subianto menuturkan, Indonesia sangat prihatin dengan kondisi yang menimpa etnis minoritas Rohingya. PBB dia sebut telah menegur berkali-kali. Indonesia wajib menghormati kedulatan dan urusan dalam negeri masing-masing negara.

“Tentunya kalau PBB sudah menilai ada kemungkinan genosida atau pembersihan etnis, saya kira ini masalah yang sangat mengusik,” tegasnya saat menjawab pertanyaan calon presiden¬†nomor urut 1 Jokowi dalam debat yang berlangsung di Hotel Shangri-La pada Sabtu (30/3/2019)

Jokowi menanyakan apa pandangan Prabowo soal konflik yang berlangsung di Rakhine, Myanmar.

Prabowo kemudian menjelaskan, Sebanyak 740.000 etnis minoritas Rohingya melarikan diri dari Myanmar sejak konflik dengan militer terjadi di sana pada Agustus 2017. Mereka semua ditampung di kamp pengungsi Kutupalong di kawasan Cox’s Bazaar, Bangladesh, yang menjadi kamp pengungsi terbesar dunia.

“Dalam mengatasi isu di Rakhine, Indonesia harus menghentikan adanya pelanggaran HAM yang luar biasa sembari mempertahankan relasi baik. Bobot Indonesia di mata dunia internasional dinilai bagaimana cara negara dalam mengurus rakyatnya.

“Kalau kita tidak mempunyai kekuatan, kita hanya bisa memberi saran dan peringatan,” tukas capres yang juga Ketua Umum Partai Gerindra itu.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *