by

Polres Purbalingga Cari Pemakai Lambu Strobo Ilegal Dalam Operasi Patuh Candi 2019

-Uncategorized-41 views

Operasi Patuh Candi 2019 di wilayah hukum Polres Purbalingga siap digelar selama 14 hari ke depan. Sasaran pada operasi patuh kali ini di antaranya adalah kendaraan bermotor yang mengunakan lampu strobo/rotator/sirine dan kendaraan yang melebihi kapasitas. Sebagai penanda dimulainya Operasi Patuh Candi 2019, telah dilaksanakan Apel Gelar Pasukan di halaman Mapolres, Kamis (29 Agustus 2019).

Kapolres Purbalingga AKBP Kholilur Rochman, menyampaikan Polri telah menetapkan kalender operasi patuh, yang rutin dilaksanakan setiap tahun. Tahun ini dilaksanakan selama 14 hari, yang dimulai dari tanggal 29 Agustus sampai dengan 11 September 2019.

“Personel gabungan dari TNI, Polri, Dinas Perhubungan dan Satuan Polisi Pamong Praja serta. Operasi Patuh Candi akan berlangsung selama 14 hari, mulai tanggal 29 Agustus – 11 September,” kata Kapolres, usai Apel.

Dalam amanat apel Kapolda Jateng, disampaikan bahwa permasalahan di bidang lalu lintas dewasa ini telah berkembang dengan cepat dan dinamis. Hal ini sebagai konsekuensi dari meningkatnya jumlah kendaraan bermotor dan populasi penduduk, yang memerlukan alat transportasi sebagai sarana mobilitas dalam memenuhi kebutuhan hidupnya.

“Perkembangan transportasi telah menginjak era digital, dimana operasional order angkutan publik sudah berada dalam genggaman. Modernisasi ini perlu diikuti dengan inovasi dan kinerja Polri khusunya Polantas sehingga mampu mengantisipasi segala dampak yang akan timbul akibat modernisasi transportasi tersebut,” katanya.

AKBP Kholilur menyampaikan, sasaran prioritas penindakan dan pelanggaran Operasi Patuh tahun 2019 adalah pengendara sepeda motor yang tidak menggunakan helm standar, pengemudi roda empat yang tidak menggunakan safety belt, pengemudi roda empat yang melebihi batas maksimal kecepatan.

Selain itu, pengemudi kendaraan bermotor yang melawan arus, mabuk saat mengemudikan kendaraan bermotor, pengendara kendaraan bermotor yang masih di bawah umur,  menggunakan HP saat mengemudikan kendaraan bermotor dan kendaraan bermotor yang menggunakan lampu strobo/rotator/sirine.

“Dengan prioritas penindakan dan  pelanggaran Operasi Patuh tahun 2109 tersebut di atas maka diharapkan Operasi Patuh tahun ini dapat menekan jumlah korban fatalitas dan meminimalisir kemacetan lalu lintas serta terwujudnya kamseltibcar lantas yang mantap,” kata dia.

Dalam apel gelar pasukan tersebut, dilakukan penyematan pita tanda operasi. Penyematan dilakukan oleh Kapolres Purbalingga kepada perwakilan dari personel Polri, TNI, dinas perhubungan dan Satuan Pengamanan. Selesai apel, acara dilanjutkan dengan pelatihan pra operasi di aula mapolres diikuti seluruh personel yang terlibat operasi.

 

 

 

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *