by

Polres dan BNNK Periksa Urine 69 WNA China Pekerja PLTU Cilacap

-Uncategorized-57 views

Urin

CILACAP – Operasi Bersinar 2016 terus berlanjut. Kini, Polres Cilacap bersama BNNK Cilacap melakukan tes urine para WNA yang bekerja di PLTU Cilacap.

Kapolres Cilacap AKBP Ulung Sampurna Jaya melalui Kasat Narkoba AKP Sumanto mengatakan, pemeriksaan urine tak hanya diberlakukan untuk WNI saja, WNA China yang bekerja di PLTU Cilacap juga bisa diperiksa. “Bukan hanya warga negara Indonesia saja yang menjalani pemeriksaan urine, namun warga negara asing yang bekerja dan tinggal di Indonesia juga menjadi sasaran kami dalam rangka  pemberantasan dan penyalahgunaan narkoba,” ungkapnya saat melakukan pemeriksaan urine bersama BNNK Cilacap, Rabu (6/4).

Dikatakan, kegiatan yang dilakukan merupakan bagian dari pelaksanaan Operasi Bersinar Candi 2016 di mana sasarannya adalah penyalahgunaan narkoba.

Sebanyak 69 WNA China dicek urine di mess Nusa Indah yang digunakan sebagai tempat tinggal para pekerja asing yang berlokasi di Jalan Perintis Kemerdekaan, Cilacap.

Teknik pemeriksaan yang dilakukan adalah setiap pekerja warga negara asing didata dan ditulis identitasnya serta diberi botol plastik yang diberi nomor sesuai dengan nomor urut di daftar identitas tersebut.

Setelah itu, contoh urine diperiksa dengan menggunakan alat tes narkoba multi parameter yang dapat mendeteksi kandungan urine dalam waktu singkat. Hasilnya, dari 69 urine yang diperiksa ternyata negatif.

“Artinya, tidak ada yang terindikasi memakai narkoba,” tandasnya. (estanto prima yuniarto)

 

 

 

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *