by

PLTU Cilacap Berikan Beasiswa Kepada 90 Siswa SMP, SMA, dan Mahasiswa Berprestasi

-Uncategorized-75 views

Penyerahan beasiswa PLTU 07Penyerahan beasiswa PLTU 09Penyerahan beasiswa PLTU 14

CILACAP – Melalui dana CSR (Corporate Social Responsibility), kembali PT Sumber Segara Primadaya (S2P) selaku pengelola PLTU Cilacap di Desa Karangkandri, Kecamatan Kesugihan, kembali memberikan beasiswa pendidikan kepada 90 pelajar SMP, SMA, dan mahasiswa berprestasi.

Pemberian beasiswa ini diselenggarakan di Ruang Meeting COB lantai 2, Selasa (22/12) pagi, dan diberikan kepada siswa dan mahasiswa warga ring 1 sekitar perusahaan.

Acara dibuka oleh Staf Ahli GM Bidang Engineering Soehardjo S yang mewakili GM PT S2P Irvan Rachmat.

Dia mengucapkan selamat dan ikut senang karena para penerima beasiswa menunjukkan prestasinya untuk diri sendiri dan orangtua. “Dengan prestasi ini merupakan nilai tambah. Mungkin suatu saat akan bergabung dengan kami di sini,” katanya.

Ditambahkan, beasiswa yang diterima jangan dilihat nilainya melainkan dengan beasiswa tersebut untuk memacu lebih giat berprestasi.

“Dengan berprestasi maka akan diangkat derajatnya oleh Allah SWT, dan sekolah merupakan jembatan emas masa depan,” imbuhnya.

Program CSR ini, ucap Soehardjo, juga merupakan kewajiban perusahaan untuk berbagi dengan warga sekitar lokasi perusahaan.

Bidang Kesiswaan pada Disdikpora Cilacap Paryanto yang mewakili Kepala Disdikpora mengatakan terimakasih karena masih ada yang peduli dengan pendidikan dan kemajuan dunia pendidikan di Cilacap, dan mengaku mendukung langkah PLTU Cilacap karena mempersyaratkan penerima beasiswa adalah mereka yang berprestasi baik akademik maupun non-akademik.

“Karena jika yang menerima beasiswa mereka yang tidak mampu maka akan berebut dan mengaku tidak mampu semua,” katanya.

Dengan adanya syarat berprestasi, jelas ada nilai plus yang bisa dibanggakan dan hal itu fakta yang dapat dilihat.

Ke-90 penerima beasiswa tersebut masing-masing 47 siswa SMP menerima Rp 750 ribu, 31 siswa SMA mendapat Rp 1 juta, dan 12 mahasiswa memperoleh Rp 1,5 juta. Secara simbolis, pemberian beasiswa disampaikan oleh Soehardjo S dan Zam Zam Nurjaman dari PLTU, serta Paryanto dari Disdikpora yang mewakili Kepala Disdikpora Cilacap.

Mereka merupakan siswa SMP dan SMA se-Cilacap serta mahasiswa di beberapa perguruan tinggi di Jawa Tengah. Namun, mereka adalah warga ring 1 di sekitar PLTU Cilacap, yakni warga Desa Karangkandri, Menganti, dan Slarang.

Pemberian beasiswa ini merupakan bentuk kepedulian PLTU Cilacap terhadap lingkungan sekitar.

GM PT Sumber Segara Primadaya Irvan Rachmat melalui Staf Bidang Lingkungan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (LK3) Zam Zam Nurjaman mengatakan, pemberian beasiswa ini untuk memotivasi siswa dan mahasiswa yang berada di ring 1 agar lebih giat belajar dan berprestasi.

“Tujuannya tak lain memotivasi siswa agar tekun belajar serta selalu meningkatkan prestasinya,” katanya.

Pemberian bantuan dana CSR berupa beasiswa kepada siswa ini sudah berjalan sekitar empat tahun, dan tahun ini ditambah beasiswa kepada mahasiswa yang menuntut ilmu di perguruan tinggi di Jawa Tengah.

“Hal ini kami lakukan agar para siswa termotivasi lagi dalam belajar,” katanya, sembari menandaskan bahwa ini suatu kewajiban bagi perusahaan untuk memberikan sedikit
saja bantuan kepada siswa dan mahasiswa yang berprestasi.

Pihak PLTU juga berharap semoga mereka ke depan bisa lebih pintar dan lebih percaya diri untuk mendapatkan kesempatan dan peluang kerja di kemudian hari.

Kegiatan CSR selain pemberian beasiswa, PT S2P juga menggelar Pelatihan Identifikasi Permasalahan Siswa di Hotel @HOM Cilacap selama dua hari, Senin dan Selasa (21 dan 22/12), diikuti sekitar 42 guru SD di sekitar PLTU Cilacap.

Kegiatan tersebut untuk mengetahui permasalahan-permasalahan yang ada di sekolah, seperti tiba-tiba siswa termenung saat pelajaran berlangsung atau siswa tiba-tiba bandel.

“Dengan pelatihan, guru-guru akan tahu dan bisa mencari solusi atau jalan keluar pemecahannya bagaimana,” kata Zam Zam.

Acara tersebut bekerja sama dengan Cahaya Mustika Consulting yang berpusat di Bandung. Ke depan, imbuh Zam Zam, kegiatan ini akan terus ditingkatkan dari tahun ke tahun.

“Mungkin akan kita kembangkan untuk se-Kabupaten Cilacap dengan peserta yang lebih luas,” tandasnya. (estanto)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *