by

PKBM Kemangkon Gelar Program Paket C

-Uncategorized-110 views

PKBM

 

Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Kemangkon Purbalingga menyelenggarakan Program Paket C setara SMA.

Layanan berjenjang ini merupakan jalur pendidikan Non formal bagi masyarakat yang tidak atau belum mendapatkan pelayanan pendidikan SMA serta memberikan peluang kepada lulusan SMP sederajat yang tidak melanjutkan atau putus sekolah ditingkat SMA.

Mentor PKBM, Bayu Widiyati, S.Pd menjelaskan, dengan adanya program ini, diharapkan dapat memberi kesempatan bagi masyarakat luas tanpa terikat jarak, waktu, kesibukan, maupun batas usia, untuk melanjutkan kembali pendidikannya yang disetarakan dengan pendidikan formal.

”Program Paket C ditujukan bagi masyarakat yang karena keterbatasan sosial, ekonomi, waktu, kesempatan dan geografi tidak dapat mengikuti pendidikan SMA. Lulusannya berhak mendapatkan ijazah dan diakui setara dengan ijazah SMA,”ungkapnya kepada elemen.

Untuk peserta didik PKBM Kemangkon lanjutnya, berjumlah 35 orang yang berasal dari berbagai usia dan tempat domisili. Sedangkan untuk waktu pembelajaran di mulai jam 10.00 wib di SMK Ma’arif NU Kemangkon dan jumlah mentor sebanyak 9 orang. Materi yang diberikan diantaranya, Pendidikan Kewarganegaraan, Geografi, Bahasa Indonesia, Sejarah Nasional Indonesia dan Sejarah Umum, Biologi, Ekonomi, Fisika, Matematika, Bahasa Inggris, Kimia dan Keterampilan.

Jatmiko, warga RT 18 RW 06 Desa Panican yang menjadi peseta didik mengungkapkan, tujuan mengikuti PKBM adalah untuk menigkatkan pengetahuan dan mengembangkan diri sejalan dengan perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi dan dunia kerja.

”Ijazah yang dikeluarkan dapat digunakan untuk melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi yaitu perguruan tinggi maupun untuk keperluan pekerjaan,”ungkapnya.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *